“Reshuffle” Menggusur 8 Menteri, Menggeser 4 Menteri

KOMPAS.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya mengumumkan perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II di Istana Negara, Selasa (18/10/2011) malam. Jumlah menteri di kabinet tetap 34 posisi, namun dalam reshuffletersebut, 8 nama tercatat dikeluarkan dari kabinet digantikan dengan pejabat baru dan 4 nama digeser ke jabatan menteri lainnya.

Nama-nama menteri yang tergusur dari kabinet:

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad. Mantan Gubernur Gorontalo yang juga kader Partai Golkar ini digantikan posisinya oleh Syarif Tjitjip Sutardjo, yang juga kader Partai Golkar.

2. Menteri Perhubungan Freddy Numberi. Freddy yang berasal dari Partai Demokrat ini dicopot SBY dan posisinya digantikan oleh EE Mangindaan. Mangindaan yang juga kader Demokrat sebelumnya menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

3. Menteri Riset dan Teknologi Suharna Suryapranata. Kader Partai Keadilan Sejahtera ini digantikan mantan Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta, yang sebelumnya menjabat Menteri Lingkungan Hidup.

4. Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar. Patrialias yang berasal dari Partai Amanat Nasional ini digantikan oleh Amir Syamsuddin, pengacara gaek yang kini menjabat Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat.

5. Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal (Purn) Polisi Sutanto. Posisi Sutanto digantikan oleh Letjen TNI Marciano Norman.

6. Menteri BUMN Mustafa Abubakar. Karena sakit yang dideritanya, SBY mengganti Mustafa dengan mantan Dirut PLN Dahlan Iskan.

Baca Juga :  Garuda Klaim Maskapai Pertama di Asia Pasifik Yang Gunakan Bombardier

7. Menteri ESDM Erwin Zahedy Saleh. Kader Demokrat ini digantikan mantan Menteri Pariwisata Jero Wacik yang juga sama-sama kader Demokrat.

8. Menteri Perumahan Rakyat Suharsi Manoarfa. Ia lebih dulu mengundurkan diri sebagai Menpera. Posisinya digantikan oleh kader PPP Djan Faridz.

Nama-nama menteri yang digeser jabatannya:

1. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan. Politisi Partai Demokrat ini digeser dan dipercaya untuk jabatan Menteri Perhubungan menggantikan Freddy Numberi.

2. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Posisi Mari digeser dan dipercaya menjadi Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

3. Menteri Pariwisata Jero Wacik. Pria asal Bali dan kader Demokrat ini masih dipercaya SBY untuk posisi yang lain yakni Menteri Energi Sumber Daya Manusia menggantikan Darwin Zahedy Saleh.

4. Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta. Pria asal Kalimantan Selatan ini masih tetap dipercaya SBY dan ditempatkan sebagia Menteri Riset dan Teknologi mengantikan Suharna Surapranata.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*