Respon negatif kepada menteri dinilai terlalu dini

Kritikan sejumlah pihak kepada para menteri di Kabinet Kerja, khususnya terhadap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebuyaan Puan Maharani, dinilai masih terlalu dini.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Poll Tracking Institute Hanta Yuda, dalam menyikapi banyaknya “dislike” pada profil Puan Maharani pada portal Kawalmenteri.org.

“Terlau dini untuk merespon negatif para menteri. Baik Puan Maharani atau menteri lainnya bila didasari pada ukuran kinerjanya,” kata Hanta Yuda dalam siaran persnya, Jumat (14/11/14).

Situs kawalmenteri.org merupakan portal yang mengajak masyarakat mengawal dan mengawasi para menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam portal tersebut, masyarakat bisa aktif memberikan komentar dan melabeli menteri dengan ikon “Like” atau “Dislike”.

Hanta Yuda menjelaskan, harus ada pemisahan antara mengawal dan mengkritisi menteri terkait ukuran kinerja atau terkait rekrutmen menteri. “Kalau soal rekrutmen menteri, pada awal terpilihnya menteri saya rasa sudah cukup banyak kritisi, dan itu sudah selesai. Suka atau tidak suka, puas atau tidak puas, mereka sudah terpilih dan sekarang mari kita beri kesempatan mereka menunjukkan kinerjanya,” ungkapnya.

Untuk mengkritisi, butuh parameter yang jelas. “Contohnya, apa program kementerian yang sudah berjalan, apakah memiliki manajerial skill, apakah memiliki kemampuan jalanin program, dan lain sebagainya,” urainya.

Itu semua membutuhkan waktu, minimal 100 hari pertama. “Minimal 100 hari pertama kita bisa melakukan evaluasi awal,” pungkas Hanta.(win6)

Baca Juga :  Penangkapan Susno D - Henry: Luar Biasa Jahatnya Polisi

/KANALSATU –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*