Ribuan Masyarakat Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Kota Padangsidimpuan ke-14

Padangsidimpuan, Ribuan masyarakat menghadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-14 Tingkat Kota Padangsidimpuan di pelataran Mesjid Agung Al-Abror, Selasa (9/6) malam.

Acara ditandai pelepasan walikota melepas peserta pawai ta’aruf dan kendaraan hias mengelilingi Kota P Sidimpuan.

Dalam sambutannya Walikota P Sidimpuan Andar Amin Harahap mengatakan, dengan semangat ukhuwah islamiah MTQ ke-14 menyiapkan generasi muda Quran menuju Kota P Sidimpuan yang sehat maju dan sejahtera.

Dikatakan, MTQ merupakan momentum penting dalam membentuk masayarakat yang mencintai Alquran dan menjadi sarana pembelajaran agar masyarakat senantiasa menjadikan Alquran sebagai imam dan tiang agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan MTQ ini mari kita jadikan sebagai sarana untuk mewujudkan masyarakat yang beriman,bertaqwa serta berakhalak mulia serta menjadikan media untuk menebarkan syariah Islam adalah kewajiban ummmat Islam untuk tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Alquran ditengah derasnya perubahan sosial dan budaya dewasa ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota atas nama keluarga juga menyampaikan akan memberangkatkan 2 orang pemenang MTQ menunaikan umroh ketanah suci.

“Untuk menentukan orang yang diberangkatkan ke tanah suci nantinya diserahkan pada Panitia MTQ ke-14,“ katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota P Sidimpuan Hj Taty Ariati Tambunan SH dalam sambutannya mengatakan, MTQ ke-14 kali ini memang sudah banyak kemajuan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Terimakasih pada walikota yang memberikan perhatian yang cukup tinggi terutama dalam pengembangan peningkatan dalam mengembangkan sayariah Islam di Kota P Sidimpuan termasuk pelaksanaan MTQ yang setiap tahunnya meningkat,“ terangnya.

Baca Juga :  Tiga Jam Antre, Mitan Tak Masuk, Warga Rimba Soping & Pemilik Pangkalan Kecewa

Ketua Panitia Drs Zulfeddi Simamora MM melaporkan, dasar pelaksanaan sesuai Surat dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Provinsi Sumut No 14/LPTQ-SU/III 2015 Tentang Pelaksanaan MTQ ke-35 Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2015.

Kemudian SK Walikota Padangsidimpuan No. 190/KPTS/2015 Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara MTQ ke-14 Tingkat Kota Padangsidimpuan dan SK Walikota No. 191/KPTS/2015 Tentang Pembentukan Dewan Hakim MTQ ke-14 Kota Padangsidimpuan dan pelaksanaannya berlangsung dari tanggal 9-11 Juni 2015.

Adapun peserta MTQ ke-14 itu berjumlah 135 orang terdiri dari peserta Kecamatan Padangsidimpuan (Psp) Utara 23 orang, Psp Selatan 21 orang, Psp Tenggara 28 orang, Psp Batunadua 21 orang, Psp Hutaimbaru 21 orang dan Kecamatan Psp Angkola Julu 21 orang.

Sedangkan jenis yang diperlombakan cabang Tilawah, Qira’ah Saba’ah dan Tartil, Tafiz dan Tafsir Quran, Fahmil Quran Syaril Quran dan Khottil Quran. (hih)


Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*