Ribuan Muslim China Tunaikan Ibadah Haji

RIBUAN Muslim China mulai bertolak ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Kloter pertama jamaah haji dari negeri tirai bambu itu bertolak dari Beijing menuju Mekah, untuk melaksanakan Rukun Islam Kelima.
Pejabat keagamaan dan Dubes Arab Saudi untuk China mengantarkan kepergian 644 jamaah di bandara kemarin. Mereka pergi ke tanah suci dengan dua pesawat Air China.

Muslim China ini bersiap untuk bertolak ke Arab Saudi dalam perjalanan untuk melaksanakan Rukun Islam yang Kelima. Ribuan Muslim dari negara itu menunaikan ibadah haji tahun ini.

Jamaah haji ini berasal dari enam propinsi, termasuk Propinsi Henan di China Tengah dan kawasan otonomi Mongolia di China Utara.

Lebih dari 13.700 jamaah haji dari China dijadualkan berangkat dengan 41 penerbangan ke Mekkah. Pesawat disediakan oleh maskapai Air China, China Southern Airlines dan China Eastern Airlines.

Naik

Jamaah haji dari daerah Otonom Ningxia Hui, China baratlaut mencapai lebih 2.600 orang. Sekretaris Jenderal Asosiasi Islam Ningxia, Hei Fuli, menjelaskan jumlah jamaah haji Ningxia Hui tahun ini meningkat sekira 200 orang lebih dibanding tahun lalu.

Kaum Muslim Ningxia akan terbang ke Arab Saudi melakukan ibadah haji melalui delapan penerbangan antara tanggal 17 hingga 22 Oktober dan akan kembali ke Ningxia antara 27 November hingga 2 Desember mendatang.

“Lantaran banyak dari mereka adalah orang-orang tua yang tidak mengerti bahasa Arab dan tidak pernah ke luar negeri, kami memberikan mereka beberapa pelatihan etiket kehidupan sehari-hari di negara lain serta beberapa pelatihan keagamaan,” ungkap Ma Shaozhong, imam Masjid Pengapuran di kota Ningxia dari Wuzhong.

Baca Juga :  Baru usia tiga tahun, berat bocah Brasil ini 70 kilogram

Jumlah Muslim di China lebih 20 juta orang, sekira 50% dari kelompok etnis Hui. Muslim China terutama tinggal di propinsi-propinsi barat Qinghai, Gansu dan Yunnan, Ningxia Hui, serta Xinjiang — wilayah Otonomi etnis Uighur. Lebih dari 2,25 juta etnis Hui tinggal di Ningxia, atau lebih dari sepertiga dari total penduduk daerah tersebut. (sc/ch/ic-bh)

sumber : analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*