Rompi Berisi Mesiu Diledakkan

980157802e283b32e333b71097e13c24cac24f8 Rompi Berisi Mesiu Diledakkan
Gegana Brimobdasu saat meledakkan rompi berisi mesiu, Selasa (25/4).

SIGIRINGGIRING- Gegana Poldasu meledakkan rompi berisi mesiu di lapangan Perumahan Mapolsek Barumun, Sibuhuan, Selasa (26/4) sekira pukul 11.00 WIB. Rompi berisi mesiu itu ditemukan warga Desa Sigiringgiring, Kecamatan Ulu Barumun, di perkebunan, sekitar 500 meter dari perumahan warga.

Dansat Brimobdasu Kombes Pol Verdianto didampingi Kapolres Tapsel AKBP Subandriya, Komandan Detasemen C AKBP A Surbakti, usai memimpin peledakan, menerangkan, dari hasil pemeriksaan pihaknya, rompi berisi mesiu itu bukan bom melainkan black powder yang digunakan warga sebagai bahan peledak mengambil ikan.“Itu bukan bom, tetapi murni black powder,” kata Dansat Brimobdasu. Ia menambahkan, black powder kalau dibakar saja belum tentu bisa meledak. Black powder biasanya juga dijadikan sebagai bahan kembang api.

“Kita minta masyarakat tenang. Ini bukan bom tapi bahan peledak yang tidak berbahaya. Namun, meskipun demikian kita harus tetap waspada. Saat ini kita masih tetap melakukan penyelidikan,” terangnya. Kapolres Tapsel AKBP Subandriya, mengaku, rompi berisi mesiu itu ditemukan Sultoni Daulay di perkebunan warga Sigiring-Giring, Pintu Padang sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Begitu ditemukannya, Sultoni langsung melaporkannya ke Safri Daulay. Selanjutnya, Safri Daulay melaporkannya ke Afne Daulay.

“Dari si Afne melapor ke Mapolsek Barumun sekira pukul 14.00 WIB, Sabtu (23/4) lalu. Saat itu juga langsung kita tindaklanjuti,” terang Kapolres. Sementara itu Wabup Palas Ali Sutan Harahap, menyebutkan, pemkab akan membuat edaran ke masyarakat agar tidak resah dengan penemuan barang mencurigakan tersebut. “Demi kenyamanan dan kekondusifan agar tidak terpancing isu-isu miring di tengah-tengah masyarakat, kita akan membuat surat edaran. Namun, kita tetap waspada dengan segera melapor ke aparat kepolisian jika ada hal-hal yang mencurigakan,” ucap Wabup.

Baca Juga :  Nursaima Ditemukan di Hutan Gendong Seekor Kucing

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Palas Abdul Rahman Daulay, menambahkan, Kapolres Tapsel serta jajarannya harus bisa memberi kenyamanan bagi masyarakat. “Masyarakat butuh kepastian, kenyamanan, dan perlindungan dari teror-teror yang dapat mengganggu kekondusifan,” pungkasnya. (amr/ann)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*