Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 M

martabe Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 M
photo: G-Resources

Tapsel. Tambang Emas Martabe setiap tahun menyetorkan royalti dan pajak Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar ke pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Selain royalty dan pajak, Tambang Emas Martabe juga menggelontorkan Rp 20 miliar dana corporate social responsibility (CSR) setiap tahunnya.

Hal itu diutarakan Direktur Tambang Emas Martabe Washington Tambunan kepada Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi Siregar ketika berkunjung ke Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Minggu (29/11).

Kunjungan Plt Gubsu ini berkaitan kerja ke sejumlah daerah di Tapanuli Bagian Selatan.

Erry Nuradi saat itu didampingi istri Evi Diana Pane berserta sejumlah pejabat bupati di antaranya Pj Bupati Tapsel Dr H Sarmadhan Hasibuan SH MM. Dan Pj Walikota Sibolga Aspan Batubara, Kapolres Tapsel AKBP Rony Samtana, Dandim 0212/TS Letkol Inf Uyat Harahap SIP serta sejumlah Kepala Dinas/Badan/Kantor Instansi Pemkab Tapsel.

Tengku Erry Nuradi disambut Direktur Tambang Emas Martabe Washington Tambunan dan Wakil Direktur Linda Siahaan serta management PT Agincourt Resources lainnya. Washington mengatakan selain royalty, pajak dan CSR, dalam Tambang Emas Martabe terdapat lima persen saham pemerintah. “Tambang Emas Martabe satu satunya perusahaan yang melakukan pembagian saham kepada pemerintah,” ujarnya.

Dalam pertemuan singkat tersebut Washington Tambunan melalui management Tambang Emas Martabe menyampaikan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dilaksanakan di lingkungan Tambang Emas Martabe.

“Setiap pekerja menggunakan peralatan keamanan dan keselamatan kerja, seperti rompi, helm, sepatu dan kaca mata. Dan untuk kesehatan di lingkungan Tambang Emas Martabe terdapat klinik kesehatan yang buka 24 jam memberikan pelayanan kesehatan bagi pekerja,” ujarnya.

Plt Gubsu beserta rombongan melakukan kunjungan ke lokasi pertambangan yang dapat ditempuh dengan waktu selama 30 menit dengan perjalanan menggunakan kendaraan. Usai kunjungan ke lokasi pertambangan, Tengku Erry Nuradi Siregar ketika dikonfirmasi MedanBisnis, mengapresiasi kerja Tambang Emas Martabe.

“Semoga perusahaan besar ini terus berkomitmen dalam meningkatkan kemakmuran masyarakat melalui CSRnya,” katanya. Sedangkan menyangkut royalti, Tengku Erry mengatakan hal itu sudah ada aturannya sendiri yang tergantung dari saham yang di tanam oleh perusahaan.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

This content is 2 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
SHARE : facebook Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 Mgoogle Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 Mtwitter Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 Mlinkedin Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 Memail Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 Mprint Royalti dan Pajak Tambang Emas Martabe Rp 500 M

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*