Rp9,6 Miliar Digelontorkan untuk PNPM Di Kabupaten Padang Lawas Utara

Tahun ini, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan  Kelurahan Kabupaten Padang Lawas Utara, menggelontorkan Rp9,6 miliar untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan atau PNPM.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Kabupaten Paluta, Drs Mahlil Rambe SH, didampingi Kabid Ekonomi Pembangunan dan Sosial Budaya, Riswan Harahap SH, Senin (14/3).
“Dukungan dana PNPM dari APBN Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Paluta berjumlah Rp7,6 miliar. Lalu, dari APBD Kabupaten sekitar Rp1,9 miliar. Total budget PNPM TA 2011 berjumlah Rp9,6 miliar,” ungkap Mahlil.

Selain itu, sambung Mahlil, selama tahun 2010 pihaknya juga telah mengalokasikan dana PNPM-MP kepada 149 desa di 9 kecamatan untuk berbagai kegiatan. “Tahun lalu kita mendapat dana PNPM Rp14,7 miliar,” sebut Mahlil. Mahlil menambahkan, untuk sementara dana tersebut belum bisa disalurkan ke Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang ada di desa atau kelurahan. Sebab, sistemnya kalau belum ada pertangungjawaban secara administrasi, belum bisa dicairkan.

“Kalau semua pekerjaan PNPM tahun ini belum ada penyelesaiannya pencairan akan dilakukan dengan sesuai laporan pertanggungjawaban dari desa melalui musyawarah desa,” pungkasnya

Terkait optimalisasi pelaksanaan program tersebut, lanjut Mahlil, secara teknis pelaksanaannya disampaikan masyarakat melalui musrenbang pemerintah desa atau kelurahan kepada pemerintah kecamatan. Lalu, pada pelaksanaannya akan didampingi oleh fasilitator.

Kemudian, masyarakat akan memilih program mana saja yang menjadi skala prioritas. “Pelaksanaan PNPM ini direalisasikan berdasarkan musrenbang pemerintah desa. Program-program yang akan direalisasikan cukup diusulkan melalui insiatif fasilitator PNPM yang digaji oleh pemerintah pusat,” pungkasnya. (thg/ann) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Polres P.Sidimpuan Ungkap Jaringan Penyalahgunaan Minyak Tanah

1 Komentar

  1. Dana yang 9,6 MILIAR apakah sudah diberikan keseluruh desa, dan apakah sudah ada bukti yang sangat menjamin dari dana PNPM di desa tersebut. Ingat…….., kami selalu mengintai kinerja pemerintah. jangan sampai rakyat gerah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*