Ruas jalan kabupaten menuju Gunungtua SM putus total

WASPADA ONLINE

PANYABUNGAN – Ruas jalan kabupaten menghubungkan kawasan  Pasar Kotanopan-Gunungtua SM kecamatan Kotanopan, kabupaten Mandailing Natal (Madina) terputus, akibat tertimbun tanah longsor yang terjadi di sembilan titik sejak Minggu (15/11) malam.

Kepala desa Gunungtua, Jasalih Lubis, kepada Waspada, tadi malam, mengatakan, tumpukan tanah longsor menutupi badan jalan  tersebut, terdiri dari sembilan titik dengan panjang rata-rata sekitar 15 meter. Adanya tanah longsor telah mengakibatkan hubungan lalu lintas keluar masuk kawasan itu putus total.

“Kejadian tanah longsor tersebut terjadi, Minggu ( 15/11) malam sekitar pukul 12:00. Tebing setinggi 15 meter yang berada disisi  kiri badan jalan tiba -tiba ambruk dan menimpa serta menutupi badan  jalan kabupaten tersebut,” ujarnya.

Disebutkan, kondisi tanah di tempat itu memang labil. Bahkan badan jalan yang tertutup longsor tersebut, sejak sebulan terakhir ini mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah. Diduga akibat diguyur hujan seharian penuh pada sehari sebelumnya, tebing tersebut semakin berat dan akhirnya ambruk.

Akibat kejadian itu, kendaraan roda empat termasuk  angkutan umum praktis tak bisa melewati jalan tersebut. Para penumpang yang menggunakan angkutan umum yang melewati jalur tersebut, baik dari arah Pasar Kotanopan maupun sebaliknya, terpaksa diturunkan sebelum lokasi longsor dan kemudian secara estafet dialihkan ke kendaraan lain di seberang lokasi longsor.

Kepala UPTD Wilayah Mandailing Dinas PU dan PE Madina, Khairil Anwar Nasution, membenarkan kejadian bencana tanah longsor tersebut. “ Ruas jalan menuju Gunungtua SM merupakan daerah yang rawan longsor, terlebih pada musim penghujan sekarang ini,” katanya.

Baca Juga :  Komptan Arse dan SDH Terima Bantuan Mesin Gilingan Kopi Dari Pemprovsu

Untuk mengatasi musibah tanah longsor  itu, katanya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas PU dan PE Madina gar  alat berat bisa diturunkan ke lokasi longsor guna   mengeruk sekaligus membersihkan material longsoran yang menutupi badan jalan.

“Longsor yang menutupi badan jalan itu akan segera kami bersihkan dan alat berat milik Pemkab Madina kini lagi bekerja membersihkan tanah longsor di ruas jalan. Kemungkinan besar,selesai pembersihan di sana, alat berat tersebut sudah bisa dialihkan ke ruas jalan Gunungtua,”  tambahnya.

(dat02/waspada)
PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/ruas-jalan-kabupaten-menuju-gunungtua-sm-putus-total/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*