Rumah Kompos Sipirok Tak Berfungsi

Rumah Kompos yang terletak di Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tidak berfungsi, sehingga penanganan sampah pasar tetap di buang ke pinggir Jalinsum Sipirok-Tarutung KM 4 tepatnya di Dusun Aek Sulum Desa Marsada atau sebelah kanan sebelum Aek Latong dari arah Medan.

Illustrasi

Amatan METRO, di Jalinsum Sipirok-Tarutung KM yang menjadi lokasi pembuangan sampah pasar, terlihat  pemandangan tumpukan sampah yang mengeluarkan bau tak sedap, banyak di antara tumpukan sampah berupa bahan dasar pembuatan kompos yang menjadi pupuk organik seperti jenis sayuran yang sudah busuk dan lainnya.

Sementara, di rumah kompos yang dibangun di areal pasar bawah Sipirok, terlihat tidak ada aktifitas kerja dan tak ada petugas di rumah kompos. Bahkan, terlihat dari luar gedung melalui jendela kawat haromika tak tampak lagi mesin pengolah sampah di dalam ruangan, dan kondisi ruangan dan luar gedung rumah kompos terkesan ditelantarkan. Padahal, tujuan pembangunan rumah kompos adalah, untuk mengolah sampah pasar menjadi bahan yang bernilai tinggi.

Salah seorang warga mengaku bermarga Siregar, menyebutkan aktifitas kerja di pengolahan sampah menjadi kompos sudah lama tidak ada. “Sudah lama sekali tidak berfungsi, dulu hanya baru-baru diresmikan memang aktif,” ungkapnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Rumah_Kompos_Sipirok_Tak_Berfungsi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Tiga Truck Kayu Asal Rokan Hilir di Stop di Sibuhuan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*