Rupiah Perkasa, Ada Serbuan Dolar AS Masuk RI?

20151009 134404 54 Rupiah Perkasa, Ada Serbuan Dolar AS Masuk RI?Jakarta. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam sepekan ini melonjak signifikan mencapai 8%.

Seperti dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (9/10), awal pekan ini dolar AS masih berada di level Rp 14.457, sementara di akhir pekan sempat turun di level terendahnya hingga Rp 13.290 atau melemah hingga 8,1%.

Dalam sehari kemarin, rupiah sudah naik sekitar 2% dari Rp 13.561 saat pembukaan perdagangan hingga Rp 13.290 di level terendahnya pekan ini.

Apa penyebab rupiah naik kencang dalam waktu singkat? Adakah serbuan dolar AS masuk ke Indonesia?

“Banyak orang melepas dolar karena sudah jenuh beli. Sinyal bank sentral AS yang tidak jadi menaikkan suku bunganya, dimanfaatkan investor asing untuk jual dolar, diikuti investor lokal juga,” ujar Analis OSO Securities Supriyadi, Sabtu (10/10).

Menurutnya, perkiraan para investor soal suku bunga AS yang diyakini tidak akan dinaikkan di tahun ini, membuat para investor melepas simpanan dolar AS mereka dan menempatkan dananya di negara-negara emerging market termasuk Indonesia yang dinilainya cukup menarik.

“Selain memang karena banyak orang melepas dolar, banyak dolar masuk juga melalui pinjaman institusi untuk ekspansi mereka. Ada Foreign Direct Investment (FDI) juga yang mulai masuk, pertumbuhannya sudah cukup bagus, jadi wajar kalau rupiah menguat,” jelas dia.

Supriyadi menambahkan, dalam jangka pendek pergerakan rupiah akan berada dalam tren positif. Rupiah masih ada potensi menguat selama tidak ada pembalikan arah.

Baca Juga :  Tolak Istilah Monarki, Seniman Yogya Ngasah Keris

“Kalau tidak ada pembalikan arah, misalkan nanti tiba-tiba ada sentimen negatif, selama masih positif rupiah masih bisa menguat lagi,” imbuhnya. (dtf)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*