Rusia Depak iPad, Apa Gantinya?

KOMPAS.com – Petinggi pemerintahan negara Rusia kini sudah tidak menggunakan lagi tablet iPad untuk kegiatan pekerjaan. Sebagai gantinya, dipakailah tablet buatan Samsung, Galaxy Tab.

Seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (27/3/2014), pergantian tersebut pertama kalinya disadari oleh para jurnalis asing dalam suatu rapat kabinet. Para menteri yang hadir tersebut “kepergok” tidak menggunakan iPad lagi, melainkan tablet dengan label merek Samsung.

Pergantian tablet itu akhirnya dikonfirmasikan oleh Menteri Komunikasi dan Media Massa Russia, Nikolai Nikiforov. Menurutnya, pergantian tersebut dilakukan “beberapa waktu lalu”.

Apa alasan pergantian tablet buatan Apple tersebut? Nikorof mengungkapkan, alasan pergantian iPad ke produk Samsung lebih disebabkan oleh masalah keamanan.

Ia membeberkan, tablet Samsung tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar aman digunakan untuk membuka informasi rahasia pemerintah.

“Beberapa dari informasi dalam rapat pemerintah itu rahasia dan perangkat tersebut (tablet Samsung) memenuhi syarat tersebut dan telah melalui sistem sertifikasi yang sangat ketat,” ujarnya.

Sentimen terhadap Amerika Serikat?

Beberapa hari belakangan ini, hubungan Rusia dengan Amerika Serikat (AS), dan beberapa negara lainnya, diketahui sedang buruk.

Sebagai respons terhadap aneksasi Crimea oleh Rusia, AS dan negara-negara sekutunya sepakat untuk mendepak Rusia dari kelompok negara-negara industri terkemuka, G-8.

Atas alasan tersebut, banyak orang yang berpendapat bahwa pergantian iPad tersebut merupakan bentuk sentimen Rusia terhadap AS. Sekadar gambaran, iPad merupakan produk buatan Apple, sebuah perusahaan yang berpusat di AS.

Baca Juga :  13 Jenis Sistem Identifikasi Yang Membedakan Antar Manusia

Nikorof membantah dugaan tersebut. Menurutnya, saat ini Rusia tidak sedang melakukan sanksi terhadap produk apa pun.

Apple dan Rusia sendiri sebenarnya dikenal cukup dekat. Pada tahun 2010 lalu, perdana menteri Rusia Dmitry Medvedev pernah mampir ke kantor pusat Apple dan mendapatkan hadiah iPhone dari Steve Jobs.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*