Rusia Kirim Pesawat tanpa Awak ke Satelit Mars

RUSIA tidak mau kalah dengan Amerika Serikat dalam menjelajah angkasa. Dijadwalkan, Negeri Beruang Merah akan meluncurkan sebuah pendaratan tanpa awak ke salah satu satelit planet Mars bernama Phobos.

“Pada Oktober 2011, pesawat ruang angkasa Phobos-Grunt akan dikirim ke permukaan Phobos kemudian kembali ke Bumi dengan membawa sampel tanah,” ujar Kepala Federal Space Agency Rusia (Roscosmos) Anatoly Perminov, pada Minggu (21/11),

xinhuanet.com--rj

Sebuah mikrosatelit YH-1 milik China, negara pertama yang melakukan penyelidikan tentang Mars, juga akan dibawa pesawat antariksa Phobos-Grunt ke orbit Mars.

Penelitian ruang angkasa China yang mendalam akan memulai program penelitian Mars, termasuk mempelajari mekanisme penguapan air.

Phobos-Grunt juga akan membawa benih dan spesies tertentu dari bakteri, jamur, maxillopoda, ikan dan chironomids yang membantu menyelesaikan masalah karantina planet.

Peluncuran uji pesawat antariksa Phobos-Grunt awalnya dijadwalkan pada 2009. Tapi, rencana ini ditunda karena alasan teknis. (mediaindonesia.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*