Saat mudik, Kenali Daerah Rawan Longsor

Tuesday, 15 December 2009 10:53

Buat anda yang berniat melakukan perjalanan mudik saat Natal dan Tahun baru melalui jalur darat, sebaiknya kenali titik-titik rawan longsor. Pasalnya, hingga akhir Desember cuaca masih mendominasi musim hujan, sehingga berpotensi besar mengakibatkan longsor.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Hendra Suwarta, Senin (14/12) meminta kepada masyarakat yang melakukan mudik waspadai saat melewati daerah berlereng, dan perbukitan.

“Karena daerah lereng serta perbukitanlah, ditambah kemiringan tanah cukup menyerong, berpotensi longsor cukup besar, ditambah turun hujan,” jelasnya.

Hendra menyarakan pemudik mengenali jalur yang dilalui, terutuma perbukitan serta lereng dengan kondisi tanpa pepohona . “Sebaiknya, hindari perjalanan ketika hujan. Dan bila tidak memungkinkan, cari jalan alternatif yang terhindar longsor,” ujarnya.

Dia mengatakan, hingga akhir Desember hujan akan turun dari malam hingga pagi hari. “Masih dipengaruhi pantai barat dan timur, sehingga hujan cenderung lebih sering malam hingga pagi,” jelasnya.

Untuk daerah yang menjadi jalur transportasi dengan kondisi rawan longsor, berdasarkan catatan prediksi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di antaranya, Tanah Karo yakni Medan-Kabanjahe, Kabanjahe-Kuta Cane, dan Medan-Sidikalang. Samosir yakni Jalan umum Panguruan-Tele, Jalan umum Tomok-Nainggolan, dan Jalan umum Panguruan-Ronggir Nihuta. Simalungun yakni Pematangsiantar-Parapat. Tobasa yakni Desa Jangga Toruan Lumban Julu. Humbahas yakni Jalan Dolok Sanggul-Baktiraja, dan Liang Toba Desa Jaga Bayung.

Baca Juga :  Tangkap dan Penjarakan Rahudman Dalang Korupsi TPAPD Tapsel Tahun 2005

Lalu berlanjut daerah Tapanuli Utara yakni Tarutung-Sibolga Desa Lobu Pinang Kecamatan Adian Koting, Tarutung-Sibolga Desa Sibalangan Kecamatan Adian Koting, dan Tarutung-Sipirok desa Lobu Pining Kecamatan Pahae Julu. Untuk Tapanuli Selatan yakni Desa Aek Latong Kecamatan Sipirok, Desa Silaiya Kecamatan BT. Angkola, dan Simpang Marancar Kecamatan BT Toru. Tapanuli Tengah yakni Jalan Sibolga-Jalan Tarutung, dan Jalan Sibolga-Barus. Dairi yakni Jalan Sidikalang-Sumbul, Jalan Sidikalangn-Medan/Lae Pondom, Jalan Sidikalang-Tiga Lingga, dan Jalan Tiga Lingga-Tanah Pinem. Padangsidimpuan yakni Desa Palota Maria. Madina yakni Jalinsum Desa Ranjo Batu Kecamatan Muara Sipongi, Desa Singengu Kecamatan Kota Nopan, Desa Sopo Tinjak Kecamatan Batang Natal, dan Desa Muara Manis.

Update

Untuk anda yang akan mudik, mungkin Peta ini bisa sebagai informasi..,

UNTUK MELIHAT LEBIH BESAR SILAHKAN KLIK DISINI ATAU GAMBAR

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*