Saatnya Pegang Manchester City

Sudah sebulan Manchester City tak pernah menang di hadapan publiknya di ajang Liga Primer. Menghadapi Birmingham City, peluang itu terbuka. Main atas?
Dari lima pertandingan di Liga Primer sebulan terakhir, Manchester City hanya mendapat tambahan tujuh poin. Ironisnya, hanya satu poin yang direbut di kandang sendiri, yakni saat menahan imbang Manchester City tanpa gol.
Itulah sebabnya, kapten City, Kolo Toure, menganggap duel lawan Birmingham adalah partai wajib menang. Hanya tambahan tiga angka yang layak untuk menghapus kritikan yang kini bertebaran ke arah pelatih Roberto Mancini.
Sulit main menghadapi tim-tim besar. Jika tidak kalah lawan mereka, maka itu adalah hasil yang bagus, ujar Toure. Sebelum imbang lawan United, City kalah 0-3 di kandang sendiri dari Arsenal.
Beda dengan pertandingan hari ini menghadapi Birmingham, City harus menang. Sudah pasti akhir pekan ini akan berbeda karena ini adalah pertandingan yang harus kami menangkan, katanya.
Asisten pelatih David Platt sepakat dengan Toure. Menurutnya, percuma saja perjuangan keras mereka dalam partai derby yang berakhir imbang jika mereka tak melanjutkannya dengan kemenangan lawan Birmingham.
Tentulah itu tidak mudah. Faktor kelelahan fisik dan konsentrasi harus dipulihkan. Waktunya pun tak panjang, hanya 65 jam setelah duel lawan United berakhir.
Platt sendiri, bersama Mancini, menganggap duel lawan Birmingham partai yang penting. Itulah sebabnya, mereka melawat ke kandang Stoke, menyaksikan Birmingham kalah 2-3 di sana. Maksudnya jelas, agar tahu lebih banyak keunggulan-kelemahan Birmingham.
Kita harus mempersiapkan diri menghadapi pertandingan seakan-akan itu pertandingan yang harus dimenangkan. Begitulah kehidupan di klub-klub papan atas saat ini, tambah Platt, mantan gelandang tim nasional Inggris.
Mancini sendiri kemungkinan akan melakukan perubahan dalam formasi Manchester City menghadapi Birmingham. Tak perlu khawatir karena Mancini memiliki skuad yang lengkap. Perubahan formasi juga dianggap penting karena ini akan jadi pertandingan ketiga mereka dalam sepekan terakhir, setelah mengalahkan West Brom dan menahan Manchester United.
Mario Balotelli, pencetak dua gol ke gawang West Ham, menjalani sanksi skorsing kedua dari tiga pertandingan yang harus dimainkannya. Tapi, Mancini masih memiliki Adam Johnson dan Emmanel Adebayor.
Adebayor? Bukan tak mungkin Mancini memasangnya sekaligus berduet dengan Carlos Tevez. Bukankah saat menang telak 5-1 atas Birmingham di Stadion City of Manchester, April lalu, Tevez dan Adebayor sama-sama mengemas dua gol?
Pelatih Birmingham, Alex McLeish juga tak punya masalah dengan pemainnya. Satu-satunya pemainnya yang cedera adalah James McFadden. Tapi, pemain yang mengalami cedera pergelangan lutut ini sudah tak lama membela Birmingham.
Colin Doyle diperhitungkan akan menjadi pelapis bagi kiper Ben Foster, sementara Maik Taylor pun sudah pulih dari gangguan bahunya. Bek sayap David Murphy pn siap tampil di bangku cadangan setelah menjalani latihan menyusul pulihnya cedera urat keting.
Salah satu yang masih harus diputuskan McLeish adalah nasib penata permainan Alexander Hleb. Saat dikalahkan Stoke, dia tak memainkan mantan gelandang Barcelona dan VfB Stuttgart itu.
Di bursa taruhan, bandar menyodorkan pasaran Manchester City memberikan voor 1,25 bola untuk Birmingham. Kecuali itu, ada pula tawaran over/under 2,75 gol.
Manchester City menang tampaknya hampir bisa dipastikan. Apalagi mengingat dalam empat perjamuan terakhir, City selalu menang. Persoalannya, apakah City bisa melewati handicap 1,25? Peluang untuk itu sangat terbuka.
Pilihan lain yang juga menarik adalah tahan bawah khusus untuk babak pertama. Di babak pertama, City memberikan voor 0,5 bola. Soalnya, Birmingham kemungkinan masih bisa bertahan selama 45 menit pertama.
Dengan begitu, juga menjanjikan main bola jalan dengan main atas di babak kedua. Saat itu, voor yang diberikan City sudah akan turun. Mungkin bisa tinggal dalam kisaran 0,5-0,75 bola. Ingat, produktivitas City lebih tajam di babak kedua. Sembilan dari 15 gol mereka tercipta di atas menit ke-45.

Baca Juga :  Ronaldo: Gol Saya ke Gawang Spanyol Sah!

Prakiraan pemain
Manchester City
: 1-Hart, 17-Boateng, 28-Kolo Toure, 4-Kompany, 5-Zabaleta, 42-Yaya Toure, 34-De Jong, 18-Barry, 21-Silva, 9-Adebayor, 32-Tevez.
Pelatih: Roberto Mancini.
Birmingham: 26-Foster: 2-Carr, 5-Johnson, 15-Dann, 6-Ridgewell, 7-Larsson, 12-Ferguson, 8-Gardner, 23-Beausejour, 10-Jerome, 19-Zigic.
Pelatih: Alex McLeish (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*