Safari Ramadhan Menko Kesra Di Tapsel : PNPM Bukan Proyek Bagi-bagi Duit

Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) bukan proyek bagi-bagi duit namun upaya pembelajaran, pendidikan (edukasi) kepada masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya.

“PNPM hadir untuk mendukung kesejahteraan masyarakat bukan ajang bagi-bagi duit, “ujar Menko Kesra dalam sambutannya saat Kunjungan Kerja (Kunker) di pelataran Rumah Dinas Bupati Tapanuli Selatan, Jalan Kenanga P. Sidimpuan, Sabtu (28/8) sore.

Dikatakan, dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran, pemerintah telah melakukan harmonisasi dan sinergi program dan anggaran yang diterjemahkan dalam tiga klaster.

Klaster pertama, pemerintah memberikan bantuan dan perlindungan sosial terpadu berbasis keluarga kepada rumah tangga sangat miskin,miskin dan hampir miskin atau yang disebut dengan rumah tangga sasaran.

Klaster kedua, pemerintah menggulirkan program dan anggaran berbasis pemberdayaan masyarakat yang diwadahi dalam PNPM Mandiri.

Sedangkan untuk kalster ketiga kata Menko Kesra, dilakukan pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) termasuk perbaikan iklim berusaha dan penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Animo dan ekspansi KUR dalam kurun waktu singkat menunjukkan betapa besarnya potensi ekonomi masyarakat, “tuturnya.

Dijelaskan, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat miskin, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan program raskin yang pada 2010 disediakan bagi 17,5 juta rumah tangga sasaran.

“Khusus untuk Kab Tapsel Pagu raskin 2010 sebanyak 4.141 ton dengan jumlah sasaran sebanyak 26.550 RTS. Sampai dengan 19 Agustus 2010 realisasi penyaluran Raskin di Tapsel telah mencapai 3.186 Ton atau 76,92 persen dari pagu Tapsel, “terang Menko Kesra.

Baca Juga :  DINILAI MERESAHKAN MASYARAKAT: RANGKAIAN KEJAHATAN PT. SAGO NAULI DIADUKAN KE KAPOLRI

Diharapkan, pemerintah daerah dapat mendukung penuh seluruh program pengentasan kemiskinan sehingga angka kemiskinan dinegeri ini dapat semakin menurun.

Sementara Bupati Tapsel H.Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya memaparkan, realisasi kegiatan PNPM,KUR dan Raskin di Tapsel yang berjalan sesuai target.

Bupati berharap agar Menko Kesra dapat memberikan apresiasi lebih bagi Kab Tapsel sehingga dapat mengejar ketertinggalan pembangunan dari daerah lainnya. Dalam kesempatan itu, Bupati Syahrul juga menutup secara resmi safari Ramadan Pemkab Tapsel di 14 Kecamatan.

Acara diisi pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat Tapsel oleh perwakilan enam bank pelaksana yaitu BRI, BNI, Mandiri, BTN, Bukopin dan Bank Syariah Mandiri.

Dan dirangkai, penyerahan sertifikat oleh Menko Kesra kepada Bupati, Sosialisasi tabung elpiji, buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran.

Hadir dalam acara itu, Anggota DPR RI Chairuman Harahap, Anggota DPRD SU Mulkan Ritonga, Ketua DPRD Tapsel H.Rahmat Nasution, Wakil Bupati Tapsel Ir Aldinz Rapolo Siregar para Deputi, Muspida, Muspida Plus, Ormas, mahasiswa, akademisi dan masyarakat.

Sumber:

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*