Sampah Di TPA Sipirok Meluber ke Jalinsum

Rabu, 10 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

sampah Sampah Di TPA Sipirok Meluber ke Jalinsum
Photo Illustrasi

SIPIROK-METRO; Tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di km 5 menuju Tarutung dari Pasar Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan,

Sampah-sampah dari tempat pembuangan akhir (TPA) pembuangan sampah Km 5 menuju Tarutung dari Pasar Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) karena sampah tepat berada di pinggir jalinsum dan sering meluber je jalinsum. Selain mengganggu arus lalulintas, sampah tersebut dikhawatirkan membuat lakalantas kalau pelintas tidak hati-hati.

Budi (31) pengguna jalan yang mengaku sering lalu lalang pada METRO Senin (8/2) lalu mengatakan, kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tersebut sudah perlu perhatian serius.”Hari Sabtu (6/2) kemarin dibadan jalan sampah menumpuk, hanya menyisakan sebagian jalan saja,” ujarnya.

Harahap (55) warga Gunung Hasahatan, Kecamatan Sipirok menyebutkan memang lokasi pembuangan sampah yang berada dipinggir jalinsum sudah layak dipindahkan ketempat lain, karena mengganggu lalu lintas juga menimbulkan kesan kurang baik bagi Sipirok dan Tapsel. Bahkan beberap tahun lalu katanya sudah pernah terjadi kecelakaan akibat sampah meluber ke badan jalan yang mengakibatkan badan jalan menyempit.

“Pernah terjadi kecelakaan ketika mobil berpapasan, dengan kondisi jalan menyempit dipenuhi sampah,” jelas Harahap.

Amatan METRO, dilokasi tersebut sampah sering bertimbun dibadan jalan yang mengakibatkan jalinsum menyempit dari yang sampah berserakan dan keluar aroma yang menyengat.

Seyogyanya sampah harus ditangani dengan tepat dan benar agar tidak menimbulkan suasana lingkungan yang kumuh, kotor dan jorok bahkan sampah juga bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit yang seawktu waktu membahayakan kehidupan warga setempat, namun di Sipirok penanganannya masil belum menemui sasaran yang tepat dan benar, kendatipun sudah tersedia rumah kompos yang bisa mengolah sampah menjadi pupuk yang berkwalitas tinggi, namun kenyataannya sampah masih tetap diangkut dan dibuang ke TPA sipirok yang berada di pinggir jalintas sumatera Km 5 menuju Tarutung.

Baca Juga :  Diperiksa Kejari Terkait Kasus PS Sidimpuan Rp. 2,7 M - Sarmadhan dan Bukhori Dianggap Tau Aliran Dana

Kadis Tata ruang dan Pemukian (Tarukim) Syahril ketika dimintai keterangan upaya pemkab dalam menangani sampah tersebut, melalui telepon seluler Minggu (7/2) lalu menjelaskan Pemkab terus berupaya mencari lokasi pembuangan sampah yang tepat namun belum ditemukan hingga saat ini.

“Kita terus berupaya mencari lokasi TPA yang tepat namun hingga kini belum kita dapatkan,” jawabnya.(ran)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*