Sampah Luar Angkasa Bisa Lumpuhkan Ponsel

TEMPO Interaktif, Jakarta – Sampah yang melayang-layang di luar angkasa, menurut Pentagon, dapat mengganggu jaringan komunikasi melalui ponsel dan membuat panggilan telepon terputus.

Gangguan komunikasi itu mungkin saja terjadi apabila ada sampah luar angkasa yang menabrak satelit. Akibatnya, bar sinyal pada ponsel semakin buruk terlepas dari layanan operator apapun yang digunakan.

Ancaman mengenai sampah luar angkasa ini diambil dari ulasan Space Posture Review yang dilakukan Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Sayangnya, hingga kini belum ada cara untuk membersihkan sampah luar angkasa tersebut, atau setidaknya supaya satelit yang berada di sekitar bumi tidak tersentuh sampah.

Bharath Gopalaswamy dari Stockholm International Peace Research Institute yang merupakan seorang ilmuwan roket mengatakan saat ini terdapat sekitar 370 ribu keping sampah yang berada di ketinggian 490 sampai 620 mil di atas permukaan bumi. Pada wilayah itu, terdapat 1.100 satelit yang menerima dan memancarkan sinyal dari bumi.

Kebanyakan sampah luar angkasa itu adalah bagian atau komponen dari satelit atau roket yang sudah usang, dan bit rudal. Kalau sampah-sampah itu sampai menyentuh sedikit saja bagian dari satelit, maka bisa dipastikan bukan hanya percakapan telepon yang akan terganggu, tapi juga layanan televisi kabel dan seluruh perangkat yang menggunakan teknologi Global Possitioning System (GPS).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Cara Cepat Matikan Windows 8.x Menggunakan Keyboard

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*