Satlantas Sosialisasikan Tertib Lalulintas

9367100546783c57b96b8a18cacf42926010b45 Satlantas Sosialisasikan Tertib Lalulintas
Kanit Reg Iden Ipda Yuswanto memasangkan helm kepada salah seorang abang becak di Gunung Tua, Kabupaten Paluta, belum lama ini.

TAPSEL-Satuan Lalu-lintas Polres Tapsel melakukan sosialisasi  kesadaran  hukum (kadarkum) tertib berlalulintas kepada pengendara sepeda motor dan mobil. “Setiap pengendara sepeda motor harus menggunakan helm, menghidupkan lampu pada siang dan malam hari. Sementara mobil harus menggunakan  penggunaan safety belt (Sabuk pengaman),” kata Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP SL Widodo kepada METRO diruang kerjanya, Senin (11/4)

Menurut SL Widodo, sosialisasi sadar akan hukum  melibatkan seluruh unsur seperti, tokoh masyarakat, siswa TK, abang becak, pengendara sepeda motor, mobil dan bekerja sama dengan salahsatu produsen sepeda motor. Sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat adalah isi pasal 107 ayat 2 Undang-Undang (UU) nomor 22 tahun 2009 tentang lalu-lintas, diantaranya menghidupkan lampu utama kendaraan roda dua atau sepeda motor pada siang hari dan jika dilanggar dalam penindakan hukum akan dikenakan pidana kurungan maksimal 1 bulan atau denda maksimal Rp250 ribu, penggunaan helm, sabuk pengaman dan lainnya.

Selain melakukan sosialisasi dijalanan, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah semua tingkatan, dan masyarakat. “Harapannya adalah pengguna kendaraan makin paham aturan berlalulintas dan mematuhinya, sehingga  tidak menjadi kecelakaan di jalanan. Utamanya kita menghimbau kepada pengguna kendaraan untuk mematuhi aturan dan jangan ngebut,” pesannya.

Dalam sosialisasi ini, kata SL Widodo, juga melakukan kegiatan sosial dengan mengunjungi dan memberikan santunan kepada anak yatim, jompo yang dirangkai  penjelasan  peraturan tertib berlalulintas.“Kita juga membagikan bunga sebagai tanda indahnya kenyamanan berkendaraan jika mematuhi aturan, menempelkan stiker soal aturan menggunakan helm, menyalakan lampu dan memasangkan serta membagi helm kepada pengendara becak dan sepeda motor dan mobil,” jelasnya. (phn) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Bank Danamon Dirampok Siang Bolong

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*