SBY Batal ke Belanda – Bukan Soal Keamanan, melainkan Harga Diri

1230594620X310 SBY Batal ke Belanda Bukan Soal Keamanan, melainkan Harga Diri
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddieq mendukung pembatalan keberangkatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Belanda.

quote 1 SBY Batal ke Belanda Bukan Soal Keamanan, melainkan Harga Diri
RMS ini merupakan gerakan separatis, dan kita tahu selama ini NKRI adalah harga mati.
— Mahfudz Siddieq
quote 2 SBY Batal ke Belanda Bukan Soal Keamanan, melainkan Harga Diri

Menurut Mahfudz, bukan persoalan keamanan yang dipermasalahkan karena secara official Pemerintah Belanda akan memberikan keamanan yang menjadi kewajiban mereka.

“Tetapi, ini lebih dari persoalan harga diri bangsa. Kenapa? Karena RMS ini merupakan gerakan separatis, dan kita tahu selama ini NKRI adalah harga mati,” kata Mahfudz di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (5/10/2010).

Seperti kita ketahui selama ini, banyak aktivis dan pemimpin RMS bergerak bebas di negeri Belanda, mereka membangun jaringan, penggalangan dana, lobi-lobi politik, termasuk melakukan tuntutan ke pengadilan Den Haag agar Presiden Indonesia ditangkap.

“Jadi, menurut saya, ketika ada semacam pembiaran dan memberi ruang yang luas kepada RMS dan pengadilan yang sedang berjalan saat ini yang menginginkan supaya SBY ditangkap. Ini kan sama saja akan dibenturkan,” papar Mahfudz.

Menurutnya, jangan sampai SBY datang ke sana kemudian dihadapkan dengan RMS di pengadilan Den Haag, jelas ini masalah martabat, bukan keamanan.

“Bayangkan kepala negara diundang Ratu Belanda, Presiden datang ke sana dan dihadapkan dengan orang Indonesia yang menamakan kelompok separatis,” ungkap Mahfudz.

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2010/10/05/18172492/Bukan.Soal.Keamanan..melainkan.Harga.Diri#

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Irman Gusman, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*