SBY Minta Menlu Percepat Perundingan Batas Laut dengan Malaysia

Menyusul terulangnya insiden di Selat Malaka, Presiden SBY memerintahkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa untuk menuntaskan segera perundingan batas laut dengan Malaysia. Meski belum ada hasil dari proses yang bergulir di tingkat internasional.

“Setelah kasus ini (penangkapan 3 petugas DKP Kepri oleh Malaysia -red), saya minta Menlu percepat perundingan dengan Malaysia. Tak perlu tunggu ICC (mahkamah internasional untuk sengketa tapal batas antar negara -red),” kata SBY.

Di dalam kesempatan berbuka puasa bersama jajaran Partai Demokrat, Minggu (22/8/2010), dipaparkan SBY, lokasi terjadi insiden pekan lalu adalah salah satu yang perjanjian tapal batasnya dengan Malaysia belum tuntas. Hal ini akibat lokasinya yang bersinggungan dengan wilayah yang sedang jadi sengketa antara Malaysia dengan Singapura.

Penyelesaian sengketa itu di ICC sejauh ini prosesnya masih berlangsung. Keputusan tersebut yang kelak akan menjadi patokan Malaysia berunding dengan RI soal garis batas di Selat Malaka.

“Tidak perlu menunggu hasil ICC, termasuk untuk kasus di Ambalat kemarin,” tegas SBY.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/08/22/210949/1425370/10/sby-minta-menlu-percepat-perundingan-batas-laut-dengan-malaysia?991101605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*