SBY Puji Penanggulangan Gempa Aceh dan Sumut

Insaf Albert Tarigan – Okezone

JAKARTA Pagi tadi, Sumatera Utara dan Aceh, kembali duguncang gempa. Beruntung, tak ada korban jiwa dan kerusakan parah akibat gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) itu.

Upaya penanganan cepat dari lembaga terkait dalam peristiwa tersebut pun mendapat apresiasi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran BNPB dan jajaran pemerintah daerah Aceh dan Sumut, atas langkah-langkah yang sigap merespons gempa bumi. Saya juga senang bahwa sistem telah berjalan, karena begitu diterima gempa, satuan reaksi cepat penanggulangan bencana siap di Halim,” kata SBY kepada wartawan.

Hal itu diungkapkan SBY sesaat sebelum bertolak ke Hanoi, Vietnam, melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2010).

Sesaat setelah gempa, lanjut SBY, dia langsung menerima laporan dari Kepala BNPB Syamsul Maarif, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur Sumut Syamsul Arifin.

“Setelah dilakukan pengecekan pada saat itu, dilaporkan bahwa kerusakan sangat ringan, situasi dapat dikelola dengan baik, pemadaman listrik dilaporkan sudah selesai dan kembali hidup,” terang SBY.

Pagi tadi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan tsunami. Namun peringatan tersebut langsung dicabut setelah gempa tersebut dinilai tidak berpotensi menimbulkan tsunami.(lam)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Benitez Dipecat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*