SDN Baringin Silangge Paluta Butuh Ruang Kelas Baru

www.metrosiantar.com

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Baringin Silangge, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), membutuhkan ruangan kelas baru. Pasalnya, selama ini kegiatan proses belajar mengajar harus menggabungkan dua kelas dalam satu ruangan.

Tokoh Masyarakat Baringin Silangge, Amin Dalimunte SPd, mengatakan,  SDN Baringin Silangge sudah tidak layak pakai lagi. Sebab, jika musim hujan, maka gedung sekolah tak bisa dipakai.

“Gedung SDN itu hanya memiliki tiga lokal. Padahal, di sana harus menampung kelas I hingga kelas VI. Maka setiap melakukan kegiatan belajar mengajar siswa harus dua kali masuk dan digabung agar bisa mengikuti proses belajar mengajar,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam beberapa kesempatan pihaknya telah mengusulkan penambahan ruangan kelas tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada realisasi dari pihak Pemerintah.

“Kami berharap kepada Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap melalui Kepala Dinas Pendidikan agar mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK)  bidang pendidikan Kabupaten Paluta, agar pada tahun anggaran 2010 ini lebih mengedepankan pembangunan sekolah-sekolah berupa penambahan ruangan kelas,” harapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Baringin Silangge, M Ritonga, mengutarakan hal sama. Menurutnya, sejak sekolah tersebut didirikan kondisi sekolah sama sekali tidak berubah. Hingga kini hanya memiliki tiga lokal dan membagi masing-masing lokal jadi dua ruangan. “Selain itu kondisi bangunan semakin memprihatinkan,” ucapnya.

Dijelaskannya, dana DAK Pendidikan tahun 2007 lalu, juga telah dianggarkan masih di bawah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Sedangkan masyarakat juga sudah bekerja sama dan bergotong royong untuk membebaskan lahan.

Baca Juga :  Warga Huragi Senang Jalan Desa Sudah Bagus

Menyikapi situasi tersebut, anggota DPRD Paluta H Mahjaruddin Tanjung beberapa waktu lalu, mengatakan, sebaiknya Pemkab Paluta harus melakukan Verifikasi yang signifikan terhadap penerima DAK bidang Pendidikan Tahun 2010 untuk Kabupaten Paluta.

“Pasalnya SDN Baringin Silangge  itu sangat membutuhkan kucuran dana agar dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang maksimal,” pungkasnya. (thg)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*