Sebulan Jelang Ramadhan, Stok Beras Aman di Sidimpuan

P. Sidimpuan, (Analisa)

Sebulan menjelang bulan suci ramadhan, cadangan (stok) beras di Kota Padangsidimpuan dan sekitarnya aman sehingga tidak perlu ada kekhawatiran kalangan masyarakat maupun pemerintah daerah.

 

Demikian Kepala Divre IV Bulog P. Sidimpuan Maidana Aulia Siregar, SH didampingi Kasi Pelayanan Publik (PP) Rifmad Pinayungan Hasibuan kepada Analisa diruang kerjanya, Rabu (6/7).

Dikatakan, stok beras yang ada disejumlah gudang Bulog Divre IV P. Sidimpuan saat ini sebanyak sekitar 9000 Ton.

“Jumlah stok beras itu, untuk seluruh wilayah kerja Bulog P. Sidimpuan meliputi Kota P. Sidimpuan, Tapsel, Palas, Paluta, Madina, Tapteng, Sibolga dan Nias. Sedangkan khusus untuk wilayah Tabagsel, cadangan beras kita sebanyak 4700 ton. Itu untuk kebutuhan selama tiga bulan kedepan, “ujarnya.

Dijelaskan, pada dasarnya jumlah cadangan beras di gudang bulog Divre IV P. Sidimpuan akan terus bertambah mengingat masih ada stok beras yang masih tengah berada di perjalanan.

“Jika nantinya, ada kenaikan permintaan dari daerah, kita akan masukkan tambahan cadangan beras lagi. Jumlahnya nanti akan kita sesuaikan dengan kebutuhan, “ungkapnya.

Disinggung mengenai jumlah beras bulog yang telah disalurkan per-triwulan terakhir atau dari Januari- Juni Dana Siregar mengungkapkan, untuk kota P. Sidimpuan telah disalurkan sebanyak 7.92810 Kg dan Kabupaten Paluta 1.273.950 Kg.

Sementara cadangan beras yang telah disalurkan atau dialokasikan per-Januari hingga Agustus ke wilayah Kabupaten Tapsel sebanyak 2.838.360 Kg, Madina 2.927.610 dan Palas sebanyak 2.141.040 Kg.

Baca Juga :  Hujan ‘Iringi’ Peringatan Hari Pahlawan di Padangsidimpuan-Tapsel

“Kita akan segera menyalurkan seluruh alokasi beras perdaerah sesuai kesiapan pemerintah daerah masing-masing, “terangnya sembari menyebut harga hingga titik distribusi Rp1600 perkg.

Ditanya apakah saat ini sudah ada gejolak kenaikan harga beras yang mengharuskan dilakukan Operasi Pasar (OP) Dana mengatakan, hinggga sebulan menjelang bulan suci ramadhan harga beras dipasaran masih stabil sehingga belum ada rencananya bakal digelar OP.

“Namun, itu tergantung permintaan daerah, jika mereka meminta OP, maka kita akan langsung gelar. Tapi hemat saya, mengacu dari kondisi harga beras dipasaran dimasa panen padi saat ini, OP belum akan dilakukan, “katanya.

Diharapkannya, masyarakat P. Sidimpuan dan sekitarnya tidak merisaukan kondisi cadangan beras jelang ramadhan mendatang, karena stock beras di divre bulog IV masih aman hingga tiga bulan kedepan.

“Masyarakat tidak perlu risau bakal terjadi krisis beras. Karena stock beras untuk wilayah kerja Bulog Divre IV masih relatif aman, “tegasnya sembari menghimbau agar daerah segera melunasi tunggakannya demi kelancaran ditribusi beras. (hih)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*