Sejak Desember 2009 Tak Ada Bantuan Mengalir – Korban Longsor Simanosor Minta Perbaikan Masjid & Rumah

Sejumlah warga yang menjadi korban tanah longsor di Dusun Simanosor Tapus, Desa Saut Banua Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), meminta perbaikan masjid dan belasan rumah yang hancur karena bencana alam yang terjadi Jumat (18/12) tahun lalu.

Menurut pengakuan beberapa korban, hingga kini mereka belum mendapat perhatian dan bantuan, baik dari pemerintah atau dermawan. Akibatnya, sebagian rumah yang rusak hanya diperbaiki swadaya oleh pemilik. Namun, khusus untuk Masjid Al-Iklas yang ikut roboh ketika itu, kondisinya saat ini masih berupa puing.

Pantauan METRO Sabtu (18/9) lalu, beberapa rumah yang kondisinya rusak di bagian dinding dan lantai masih dibiarkan warga. Alasannya, belum memiliki dana, namun sebagian lagi sudah diupayakan kendatipun dengan mengutang, tetapi masjid berukuran 14×14 meter sampai saat ini masih belum mendapat perbaikan dan hanya dibersihkan dari puing reruntuhan agar bisa dimanfaatkan.

Yusuf Simatupang (52) salah seorang korban mengatakan, ia masih berupaya memperbaiki kondisi rumahnya yang rusak parah akibat bencana alam tahun lalu. Namun, khusus untuk masjid belum ada upaya apapun untuk memperbaiki karena dana masyarakat desa terbatas. “Saya tak tahan terus-terusan di gubuk pengungsian apalagi Lebaran anak-anak dan keluarga mudik, jadi saya berupaya memperbaikinya,” ujar Yusuf.

Yusuf menambahkan, pihaknya sudah menyampaikan agar perantau yang datang pada Lebaran kali ini memperhatikan kondisi masjid. “Saat lebaran kami tetap melaksanakan salat di reruntuhan masjid ini. Dan kondisinya sudah disampaikan agar diperhatikan oleh perantau, namun tahun ini hanya 2 orang yang pulang, satu dari Siantar dan satu lagi dari Jakarta,” katanya. Perlu diketahui untuk melaksanakan ibadah sehari-hari dan salat Jumat warga dusun yang berjumlah sekitar 40 kepala keluarga (KK) tersebut lebih memilih di rumah.

Baca Juga :  Trofi Liga Inggris Kembali Mampir ke Indonesia

Sekadar mengingatkan, hujan deras yang mengguyur Tapsel Jumat malam (18/12) tahun lalu, menyebabkan permukaan tanah di Dusun Simanosor Tapus, Desa Saut Banua Simanosor, Kecamatan SDH, Kabupaten Tapsel, longsor. Akibatnya, beberapa rumah warga, fasilitas umum seperti jalan raya, masjid, mengalami kerusakan.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Korban_Longsor_Simanosor_Minta_Perbaikan_Masjid_Rumah

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*