Sejarah dan Sumber Pendapatan GOOGLE

Kita mungkin tidak asing lagi dengan Google. Mesin pencari ini memudahkan kita mencari informasi yang relevan dan secara cepat di internet. Kedua hal ini telah menjadikan Google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia (53,6 %), disusul Yahoo (19,9 %), dan MSN (12,9 %). Pada postingan kali ini saya ingin mengajak Anda mengenal lebih dekat Google dalam hal sejarah pendirian dan sumber utama pendapatannya.

Sejarah Google

Sejarah Google dimulai Januari 1996. Saat itu Larry Page dan Sergey Brin (keduanya mahasiswa PhD di Universitas Standford Amerika Serikat) melakukan sebuah penelitian untuk menciptakan sebuah mesin pencari baru yang memberikan hasil pencarian yang lebih baik (relevan) bagi penggunanya. Mereka berhipotesis bahwa hasil pencarian relevan ini akan dihasilkan bila mesin pencari itu bisa menganalisis hubungan antar website. Mereka akhirnya menghasilkan mesin pencari baru yang dinamai BackRub. Namai ini diambil karena mesin pencari ini menganalisis backlink antar website.

Page dan Brin menguji BackRub pada website Universitas Stanford dengan nama domain google.stanford.edu. Mereka berhasil dengan pengujian ini. Dengan keberhasilan ini, Page dan Brin meregistrasi domain google.com pada 15 September 1997 dan mendirikan perusahaan dengan nama Google Inc pada 4 september 1998. Nama google sendiri merupakan plesetan dari googol yang berarti 10 pangkat 100.

Pada awalnya perusahaan ini berlokasi di sebuah garasi teman mereka di Menlo Park California. Total investasi perusahaan ini adalah hampir 1,1 juta dolar, dengan 100 ribu dolar berasal dari Andy Bechtolsheim (salah seorang pendiri Sun Mycrosystem.  Pada Maret 1999 perusahaan ini pindah ke Palo Alto, sebuah kawasan elit tempat pengembangan teknologi yang dikenal dengan nama Silicon Valley. Dengan cepat, google.com menarik perhatian pengguna internet dunia karena kemudahan dan kerelevanan hasilnya.

Baca Juga :  Ruas jalan kabupaten menuju Gunungtua SM putus total

Seiring kemajuan yang pesat ini, Google menyewa sebuah kompleks bangunan di Mountain View dari Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 2007. Kompleks ini dikenal dengan nama Googleplex, dan telah dibeli Google dari SGI pada 2006 dengan harga 319 juta dolar.

Saat ini Direktur Utama (CEO) Google adalah Dr. Eric E. Schmidt, sementara Sergey M. Brin bertindak sebagai Presiden Teknologi dan Larry Page berperan sebagai Presiden Produk. Sampai 31 Maret 2009 Google memperkerjakan 20,164 karyawan.

Sumber Pendapatan Google

Dari mana Google mendapatkan keuntungan padahal kita menggunakan Google dengan gratis? Jawabannya adalah dari iklan. 99% pendapatan Google berasal dari iklan yang dinamakan Google Adwords. Seberapa besar pendapatan itu? Besar sekali. Sebagai contoh, untuk tahun 2006 saja Google meraup 10,492 milyar dolar AS dan hanya mengeluarkan biaya untuk opreasional iklan itu sebesar 112 juta dolar AS.

Sumber: http://hermanyudiono.wordpress.com/2009/05/28/sejarah-dan-sumber-pendapatan-google/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*