Sekretaris Daerah Sumatera Utara Divonis Bebas

KOMPAS/Adrian Fajriansyah Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (nonaktif) Hasban Ritonga (kanan) memeluk kerabatnya setelah dinyatakan bebas oleh majelis hakim dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Medan, Selasa (28/4). Majelis hakim menyatakan, Hasban dan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Khairul Anwar dibebaskan dari tuntutan 1 tahun penjara dan 2 tahun masa percobaan atas kasus sengketa lahan sirkuit Ikatan Motor Indonesia di kawasan Pancing, Medan. Hasban menyambut positif keputusan itu dan siap bekerja kembali.

MEDAN,  Sekretaris Daerah Sumatera Utara (nonaktif) Hasban Ritonga bersama mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Khairul Anwar, Selasa (28/4), divonis bebas. Sebelumnya, jaksa menuntut mereka dengan hukuman satu tahun penjara dan dua tahun masa percobaan, terkait kasus sengketa lahan sirkuit Ikatan Motor Indonesia di kawasan Pancing, Medan.

Ketua Majelis Hakim Dahlan Sinaga, dalam sidang di Pengadilan Negeri Medan, Selasa, menyatakan, dari hasil kesimpulan keterangan saksi, Hasban dan Khairul tidak bersalah karena bukan kewenangan mereka untuk mengembalikan lahan yang tengah disengketakan tersebut.

Salah seorang jaksa penuntut umum, Nur Ainun, menyatakan, pihaknya akan pikir-pikir terlebih dahulu untuk menanggapi keputusan itu. Hal itu akan diputuskan dalam waktu tujuh hari ini. Hasban menyambut positif keputusan itu dan bersiap-siap bekerja kembali sebagai sekretaris daerah (sekda).

Kasus Hasban mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Medan awal Desember 2014. Hasban yang saat itu menjabat sebagai Kepala Inspektorat Sumut mencuat sebagai kandidat Sekda Sumut. Ia bahkan ditetapkan Presiden sebagai Sekda Sumut melalui Keputusan Presiden Nomor 214/M/2014 pada 29 Desember 2014. Hasban dilantik Gubernur Sumut pada 14 Januari.

Baca Juga :  Sutan Bhatoegana Tak Diusung Jadi Cagub Sumut, Pas Kali Lah Barang Tu .....

Pelantikan itu menimbulkan polemik karena status Hasban sebagai terdakwa. Karena itu, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho atas perintah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membebastugaskan Hasban sebagai sekda hingga kasusnya tuntas. Gubernur lalu menunjuk Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sumut, Sabrina, sebagai Pelaksana Harian Sekda Sumut untuk sementara.

Hasban menyatakan, dia menyambut positif hasil putusan tersebut. Sejak awal, ia optimistis tidak bersalah karena bukan kewenangannya mengembalikan lahan itu. Kemarin ia siap kembali kerja hari ini jika diminta.


KOMPAS —

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*