Selama 6 Tahun, Pemkab Tapsel Terima PNPM-MP Rp103 M

P. Sidimpuan, (Analisa). Terhitung sejak 2005 hingga 2011, Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) telah menerima dana Rp103.950.000.000 dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) untuk pembangunan sarana fisik dan sosial.
Demikian disampaikan Kaban Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Rustam Efendi Hasibuan dalam laporannya pada kegiatan SPP dan Perguliran di aula kantor Camat Batangtoru, Selasa (24/1).

Dikatakan, dari jumlah itu, sebanyak Rp13.085.959.200 dialokasikan untuk kegiatan dana bergulir Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Dimana hingga Oktober 2011 dana itu telah bertumbuh kembang menjadi Rp15.478.576.688 atau bertambah 18,28 persen.

“8.264 perempuan yang tergabung dalam 794 kelompok SPP di 201 desa telah memanfaatkan pinjaman bergulir ini untuk modal usahanya,” katanya.

Lebih lanjut Rustam mengungkapkan, kegiatan SPP di Tapsel berjalan sukses dan tepat sasaran. Pengembalian dana pinjaman anggota juga sangat baik, mencapai 98 persen. Jumlah tersebut melampaui persentase pengembalian di tingkat provinsi, 92 persen, dan pusat 90 persen.

“Kita boleh berbangga hati, karena Pemkab Tapsel dua tahun berturut-turut (2010 dan 2011) mendapat predikat daerah terbaik dalam pengelolaan PNPM-MP di tingkat Provinsi Sumatera Utara. Semoga lebih baik lagi,” ujarnya.

Dijelaskan, kelompok SPP di Kecamatan Batangtoru merupakan salah satu yang terbaik dalam pengelolaan SPP dan Perguliran di Tapsel. Mereka telah sanggup membangun gedung UPK PNPM-MP sebagai cikal bakal lembaga mikro keuangan di tingkat kecamatan.

Baca Juga :  KORUPTOR ITU PINTAR MATEMATIKA

“Tahun ini tiga UPK PNPM-MP akan diakte notariskan guna menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. Kemudian peningkatan pemanfaatan SPP ini tidak terlepas dari kerjasama yang telah dibina dengan TP PKK Tapsel dan Pos Pelayanan Teknologi Pedesaan. Seperti pengelolaan salak menjadi dodol,” katanya.

Memantau

Sementara Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, mengimbau seluruh masyarakat untuk terus memantau dan mendorong kegiatan PNPM-MP ini. Karena sangat banyak membantu program pemerintah dalam peningkatan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Ibu-ibu peserta SPP, syukuri kesempatan ini. Karena masih banyak saudara kita yang membutuhkan tapi belum mendapat kesempatan. Jangan macet-macet dalam membayar iuran, karena iuran itu akan kembali digulirkan bag i yang belum memperolehnya,” imbuhnya.

Diharapkannya, kegiatan SPP dan Perguliran ini berjalan mulus dan semakin baik. Sehingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat, berkat usaha-usaha yang dikelola kaum ibu lewat bantuan permodalan dari PNPM-MP.

Acara dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung UPK PNPM-MP berukuran 6×8 meter dengan biaya Rp125.495.000 di belakang kantor Camat Batangtoru oleh Bupati Tapsel.

Hadir dalam acara itu, Ketua TP PKK Tapsel Ny.Syaufia Lina Syahrul Pasaribu, Camat Batangtoru Ahmad Raja Nasution, Camat Muara Batangtoru Ibrahim Lubis, Camat Angkola Sangkunur Agus Salim Lubis, Kabag Humas Ahmad Fauzi M Ritonga, dan peserta SPP. (hih/ben)

analisadaily.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  'Mencoret Rossi Adalah Kesalahan'

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*