Semburan Lokon Setinggi 500 Meter

Gumpalan abu vulkanik Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara menjulang hingga ketinggian 1.500 meter, Jumat (15/7/2011). Kota Tomohon tidak terancam abu vulkanik karena tiupan angin yang mengarah ke barat, menjauhi pemukiman penduduk.

TOMOHON, KOMPAS.com – Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara kembal meletus, Minggu (17/7/2011) sekitar pukul 11.30 WITA. Letusan itu menyemburkan abu vulkanik yang membentuk awan setinggi sekitar 500 meter, hingga tampak dari Kota Manado.

Letusan kali ini berbarengan dengan rencana Pemko Tomohon merelokasi pengungsian dari tempat-tempat sekolah ke wilayah lain supaya tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Pengungsi Gunung Lokon sampai saat ini berjumlah 4.000 orang lebih.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan kawasan zona merah adalah di Kelurahan Kinilow (Lingkungan 1, 2, 3 dan 7), Kinilow I (Lingkungan 5) dan Kelurahan Kakaskasen I.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*