Sentra Industri Kelapa Akan Dibangun di Hutatonga

Senin, 08 Maret 2010 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan bakal membangun sentra industri kelapa di Desa Hutatonga, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel. Alasannya, Hutatonga merupakan penghasil komoditi kelapa.

Demikian dikatakan Bupati Tapsel, Ongku P Hasibuan, kepada seratusan warga Desa Hutatonga, Sabtu (6/3) lalu. Menurut Ongku, untuk memajukan tingkat perekonomian masyarakat maka diperlukan terobosan baru agar pendapatan masyarakat bisa meningkat.
Hal ini dikatakannya, sejalan dengan apa yang sudah dilakukan Pemkab Tapsel selama 4,5 tahun terakhir. Saat ini, setidaknya tercatat 8 sentra industri yang ada di Tapsel ini. Di antaranya yang sudah beroperasi dan menghasilkan sentra indsutri tenun dan gerabah di Sipirok, sentra pengolahan makanan di Marancar, sentra pengolahan salak di Tobotan, Angkola Barat, sentra anyaman bambu di Aek Badak, Sayurmatinggi, sentra pengolahan logam di Sipange, Sayurmatinggi, sentra pengolahan coklat di Batang Angkola dan sentra garmen di Sigalangan, Batang Angkola.

Selain itu, lanjut Ongku, untuk menunjang hal itu semua juga sudah dibangun beberapa SMK, di antaranya SMK Pertanian, Teknik, Listrik, dan lain sebagainya yang tersebar di 12 kecamatan se-Tapsel.

“Jadi melihat potensi yang ada di Desa Hutatonga ini, maka sangat dimungkinkan dibangun sentra pengolahan kelapa. Selain kelapanya bisa menjadi santan, kopra, batoknya juga bisa diolah menjadi berbagai macam karya, seperti untuk sendok, lidinya bisa juga digunakan atau batok itu bisa dibuat menjadi kancing baju dan ini semua membutuhkan keseriusan, modal, dan juga peralatan. Maka jika kemungkinan ini terbuka maka kita berencana akan membangun sentra industri pengolahan salak di Desa Hutatonga ini,” katanya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Proyek Drainase Provsu di Sosopan Asal Jadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*