Seorang Profesor Kritik Keburukan Facebook & Twitter

Facebook jamak disebut sebagai situs jejaring sosial. Namun menurut profesor ini, Facebook malah berpotensi menjadikan orang anti sosial. Dia menyatakan, situs seperti Facebook atau Twitter terlalu mendominasi kehidupan, membuat manusia terisolasi dan kurang manusiawi.

Pendapat itu dikemukakan profesor Sherry Turkle, akademisi di Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. Ia menulis buku ‘Alone Together’, yang mengkritik pemakaian situs jejaring sosial sebagai sebuah bentuk kegilaan di zaman modern.

Dalam bukunya, dia berargumentasi bahwa Facebook menghadirkan ilusi kemudahan melakukan komunikasi dengan lebih baik. Namun justru teknologi ini mengisolasi orang dari interaksi antar manusia yang nyata. Padahal realitas di dunia cyber adalah tiruan yang buruk dari dunia sebenarnya.

Dikutip detikINET dari DailyMail, Senin (24/1/2011), sang profesor juga menilai situs jejaring bisa membuat orang tergila-gila dan melakukan berbagai kebiasaan tidak pantas. Misalnya tetap sibuk facebookan atau ngetweet saat upacara pemakaman.

Namun demikian, argumen sang profesor tidak diterima begitu saja. Beberapa pihak menilai Facebook maupun Twitter memiliki banyak kegunaan, di antaranya untuk merekatkan hubungan yang terpisah karena jarak. Menurut Anda? ( fyk / ash )(detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*