Sepanjang Jalan Paluta Rusak

Paluta, (Analisa). Kondisi jalan di sepanjang wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) masih mengalami kerusakan yang cukup parah. Jalan tersebut sangat membahayakan pengendara, seperti halnya Jalan Lintas Gunung Tua- Padangsidimpuan, Jalan Lintas Sipiongot Kecamatan Dolok dan sekitarnya.

Kondisi jalan rusak itu sangat mengganggu, bahkan mengancam keselamatan jiwa pengendara. Oleh karena itu, pemerintah harus segera memperbaiki termasuk sarana dan prasarana kelengkapan jalan.

Menurut Pemerhati Publik Tongku Banua Desa, kondisi jalan di Paluta saat ini lebih banyak yang rusak daripada yang baik, walaupun ada perbaikan di sana-sini, namun jalan yang rusak pun sudah menyusul, makanya banyak pengendara malas melewati Jalan Paluta.

Tongku menyebutkan, kondisi jalan di wilayah sepanjang Paluta tampak disana-sini mengelupas, bergelombang, berpetak-petak ini karena bodi jalan tidak kuat untuk dilalui kendaraan berat.

“Tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak segera memperbaiki jalan yang saat ini kondisinya membahayakan. Sebab, pemerintah dapat menggunakan dana preservasi jalan tanpa harus menunggu anggaran,” ujarnya, kepada wartawan, Senin (2/6) di Simpang PU Gunung Tua.

Selain itu, sambungnya,  dalam Pasal 29-32 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, secara tegas dikatakan untuk mendukung pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan  yang aman, selamat, tertib dan lancar, kondisi jalan harus dipertahankan. Dan untuk mewujudkan itu dana preservasi jalan dapat digunakan.

Baca Juga :  9 Pemain Sepak Bola Dengan Free Kick Paling Baik Di Dunia

Ia menjelaskan, ketertiban dan keselamatan pengguna jalan adalah kewajiban dan tanggungjawab pemerintah. Bahkan, apabila terjadi kecelakaan akibat jalan rusak, maka penyelenggara jalan dapat di pidana.

Ia berharap agar pemerintah serius terhadap penyediaan sarana dan prasaran jalan. Mengingat dari tahun ke tahun jumlah korban yang meninggal sia-sia akibat kecelakaan terus meningkat. Jika pemerintah tidak serius, maka jalinsum di sepanjang jalan Paluta ini akan berubah menjadi jalan angker.

Sementara itu, Kadis PU Paluta Edi Saleh Lubis mengatakan jalan itu merupakan jalan provinsi. Namun pihaknya tetap berusaha menyuarakan aspirasi dari kerusakan Jalinsum di Paluta. (ong)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*