Serangan Hama Turunkan Produksi Padi di Madina

Serangan Hama Turunkan Produksi Padi di Madina

Panyabungan, (Analisa)

Petani sawah di Desa Gunungtua Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengeluhkan serangan hama pada tanaman padi yang menyebabkan hasil panen mereka untuk musim tanam tahun turun sangat drastis.

Hal itu disampaikan Hamdani Nasution (42) kepada wartawan, Rabu (20/1) lalu di Panyabungan usai melakukan panen padi miliknya yang untuk musim ini mengalami penurunan produksi hingga 70 persen dibanding musim tanam lalu.

“Panen kemarin saya masih memperoleh 90 kaleng, sedangkan pada panen tahun ini hanya sekitar 20- 25 kaleng saja. Hal itu akibat serangan hama pada yang menyebabkan warna padi terlihat kehitam-hitaman,” jelasnya.

Dijelaskan, hama yang menyerang tanaman padi masyarakat adalah hewan sejenis serangga yang mengisap sari padi sehingga ketika panen biji padi sudah kosong. Dan hama ini menurut Hamdani baru kali ini mereka lihat tidak sama dengan hama wereng maupun walang sangit yang biasa menyerang tanaman padi masyarakat. “Berbagai macam upaya pencegahan maupun pengobatan sudah kita lakukan akan tetapi hama yang menyerupai semut pakai sayap itu tetap saja menghisap biji padi hingga terlihat kehitam-hitaman,” ungkapnya.

Sementara itu petani lainnya Anni (45) mengakui, hasil panen miliknya memang turun dibandingkan tahun kemarin sekitar 50 persen dengan keluhannya hampir sama dengan petani lain akibat serangan hama sejenis semut.

“Memang tanaman padi terlihat tidak merunduk seperti biasanya kalau sudah mau panen apabila berisi padi terlihat merundduk namun kali ini padi terlihat kosong. ” keduanya berharap agar ada penyuluhan ataupun bagaiamana cara agar hama yang masih tergolong baru bagi petani Gunungtua ini bias dibasmi sehingga hasil panen kembali meningkat. (sah)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Menang, Madrid Cukup Aman

1 Komentar

  1. hama baru itu juga menyerang padi-padi para petani di sulawesi tenggara(tempat tinggal saya) banyak petani yang gagal panen, termasuk bapak saya, baru tahun ini ada hama macam itu, parahnya lagi belum ada insektisida pengendali hama itu di sini… gemana yah solutionnya… mohon di share ya klo ada solusinya,,,,,, Thanks..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*