Serunya Berwisata dan Berfoto di Benteng Huraba

Benteng Huraba terlihat dari pinggir Jalinsum Psp-Madina, Desa Bentang Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Tapsel, ramai dikunjungi, Selasa (5/8). (Samman Pohan/Metro Tabagsel)

TAPSEL – Benteng Huraba merupakan bangunan sejarah yang tersisa. Kini, benteng sisa perang kemerdekaan tersebut, ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah yang ingin berwisata sejarah. Dan, menjadikan lokasi untuk mengabadikan momen.

Benteng Huraba terletak di atas bukit kecil pinggiran Jalinsum Psp-Madina, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Lokasinya mudah dijangkau.

Rusdi (48), salah seorang pengunjung yang mengaku hendak balik setelah mudik menuju Kota Medan, mengunjungi Benteng Huraba karena hendak berfoto bersama keluarga sembari mengenal sejarah perjuangan bangsa di daerah tersebut.

“Tadi sedang lewat dari sini, sekalian istirahat sejenak. Kami mengunjungi benteng ini hendak berfoto bersama keluarga dan sekalian ingin mengenali sejarah perjuangan bangsa di daerah Tapsel ini,” terangnya.

Pengunjung lainnya, Rahmat (23), menambahkan, ia mengunjungi Benteng Huraba karena hendak mengabadikan momen. Akan tetapi, setelah mengunjungi benteng tersebut, selain tempat mengabadikan momen, ia juga mendapati pelajaran sejarah perjuangan bangsa.

“Sebenarnya karena ingin berfoto bersama teman-teman di sini, tetapi setelah mengunjungi benteng ini jadi tahu bagaimana perjuangan bangsa. Alat perang dulu juga seperti Meriam Simanis masih berdiri menghadang di sini (Bentang Huraba, red) dan nama-nama pejuang juga ditulis sebagai saksi sejarah,” sebutnya.

Baca Juga :  Benzema Tikam Hercules, Barca Terancam

Rabiah (19), yang datang bersama keluarga, mengaku senang bisa berkunjung ke Benteng Huraba. Dia mengatakan, akses masuk yang tanpa biaya dan tanpa penjagaan menyebabkan rentan pencurian barang-barang sejarah di benteng tersebut.

“Senang datang ke sini. Masuk tidak ada pungutan biaya apapun, tetapi saya bingung kenapa tidak ada penjagaan khusus terhadap alat perang yang merupakan bagian dari sejarah ini,” sebutnya. (mag-01)

/METROSIANTAR.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*