Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500

Kamis, 11 Maret 2010 – www.metrosiantar.com

tuntutupah Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500 SIDIMPUAN-METRO; Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Syamsul Arifin SE menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan tahun 2010, sebesar Rp974.500 per bulan. Keputusan Gubsu tersebut ditetapkan Senin (8/2) lalu, dengan nomor Surat Keputusan (SK) 188.44/62/KPTS/Tahun 2010. “Kita imbau semua pelaku usaha di Kota Psp, agar memenuhi ketentuan tersebut.

Para pengusaha sebaiknya membayar UMK sesuai dengan yang ditetapkan, yakni sebesar Rp974.500 per bulan,” ujar Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dissosnaker) Kota Psp, Drs Zulfeddi Simamora, melalui Kasi Hubungan dan Satuan Kerja (Satker), Mandagar Siregar, kepada METRO Rabu (10/3).

Mandagar menambahkan, penetapan UMK Kota Psp sudah melalui proses kajian kebutuhan hidup layak, yakni dengan mengakumulasi kebutuhan hidup sehari-hari seorang pekerja.

Bersamaan dengan terbitnya SK Gubsu tersebut, pihaknya juga telah melayangkan surat edaran yang berisi imbauan untuk mematuhi dan melaksanakan ketetapan tersebut, kepada seluruh perusahaan di Kota Psp yang berjumlah 132 perusahaan.

Adapun keputusan Gubsu tersebut, sambung Mandagar, antara lain, pertama, menetapkan UMK Kota Psp untuk tahun 2010 sebesar Rp974.500 per bulan.

Kedua, UMK sebagaimana dimaksud merupakan upah terendah dan hanya berlaku bagi pekerja 1 tahun, sedang untuk pekerja yang mempunyai masa kerja 1 tahun atau lebih, dirundingkan secara bipartit antara pekerja atau buruh atau serikat pekerja atau buruh dengan pengusaha. Selanjutnya, antara pekerja atau buruh perusahaan yang bersangkutan secara musyawarah dan dimuat dalam materi kesepakatan kerja.

Ketiga, lanjut Mandagar lagi, perusahaan yang telah memberikan upah lebih tinggi dari ketetapan UMK Kota Psp tahun 2010 yang ditetapkan dalam keputusan ini dilarang untuk mengurangi atau menurunkan upah. Keempat, bagi perusahaan besar dan mampu membayar upah di atas UMK dapat dirundingkan secara bipartit antara pekerja atau serikat pekerja atau buruh dengan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan secara musyawarah dan di muat dalam materi kesepakatan kerja.

“Kelima, dengan berlakunya keputusan tersebut, maka UMK tahun 2009 dicabut (Rp916.500 per bulan, red) dan dinyatakan tidak berlaku. Dan terakhir yang keenam berlaku mulai 1 Januari 2010,” pungkasnya. (mag-01)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500 facebook Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500 twitter Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500 linkedin Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500 email Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500 print Sesuai Keputusan Gubsu Upah Minimum Kota (UMK) Padangsidimpuan Rp. 974.500

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*