Setahun, 2.500 Warga Australia Bunuh Diri

SYDNEY, Sekitar 2.500 warga Australia melakukan bunuh diri setiap tahun. Selain itu, jumlah orang yang berpikir melakukan bunuh diri masih jauh lebih tinggi.

Kelompok kesehatan mental SANE Australia merilis penelitian baru yang menyebutkan bahwa persepsi publik mengenai bunuh diri adalah tindakan egois merupakan suatu tantangan.

Manajer pencegahan bunuh diri SANE, Sarah Coker, mengatakan, penelitian itu menunjukkan bahwa mereka yang mencoba bunuh diri merasa menjadi beban keluarga serta teman-teman. Karena itu, bagi mereka, tindakan bunuh diri memiliki dampak positif daripada negatif.

“Mereka melihatnya dari perspektif orang yang ditinggalkan dan tentu saja, mereka itu sangat putus asa,” jelasnya.

“Saya berharap kami dapat mengurangi beberapa kesalahpahaman yang menjurus ke sikap stigma tersebut,” tambah dia.

Sarah Coker mengatakan, daripada menganalisis dampak setelah bunuh diri, kiranya penting untuk mempertimbangkan apa yang menyebabkan orang bunuh diri.

“Mungkin perasaan paling umum ketika orang berbicara tentang bunuh diri itu adalah perasaan putus asa, dan perasaan bahwa kekecewaan yang mereka alami itu tidak pernah akan berakhir,” kata Sarah Coker.

Dikatakannya, keadaan tersebut seakan-akan berada di dasar sumur yang ditutup, dan tidak ada cahaya yang dapat tembus sehingga tidak ada jalan keluar.

Menurut Sarah Coker, hasil penelitian yang dikemukakan SANE Australia pada National Suicide Prevention Conference 2014 yang sedang berlangsung saat ini di kota Perth dari tanggal 23-26 Juli 2014 ini juga akan memberikan informasi yang akan membantu mencegah orang melakukan upaya bunuh diri./KOMPAS.com 

Baca Juga :  Al Qaeda Benarkan Kematian Osama, Anggap Sebagai Malapetaka
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*