Setelah Ditahan, Pendiri Wikileaks Dibawa ke Pengadilan

Kepolisian Inggris bergerak cepat untuk memproses hukum Pendiri Wikileaks, Julian Assange. Beberapa jam setelah penangkapan pria asal Australia ini langsung dibawa ke pengadilan.

Seperti dilansir dari AFP, Assange terlihat dibawa menggunakan mobil hitam dengan penjagaan polisi ke Pengadilan City of Westminster Magistrates, London sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Sementara itu jalan-jalan di sekitar pengadilan ditutup oleh aparat kepolisian.

Seorang petugas pengadilan mengatakan bahwa Assange akan menjalani sidang ekstradisi. Dia juga membenarkan bahwa Assange sudah tiba di pengadilan.

Sidang dengan terdakwa Assange ini akan dipimpin oleh hakim Howard Riddle. Pria berusia 39 tahun tersebut akan didakwa tindak pidana pemerkosaan yang ia lakukan sewaktu berlibur di Swedia beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, kuasa hukum Assange, Mark Stepehens, mengatakan, kliennya dengan sukarela menyerahkan diri ke kepolisian London. Stephens juga menyebut Assange dalam kondisi baik-baik saja.

“Itu (penangkapannya) dengan baik-baik. Mereka telah memverifikasi identitasnya. Mereka puas, bahwa dia adalah Julian Assange dan kami siap di pengadilan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/12/2010).

Stephens juga mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk melawan usaha pengekstradisian kliennye ke Swedia. Proses hukumnya sendiri dapat memakan waktu berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan.

Assange sendiri ditangkap oleh Kepolisian London pada Selasa pukul 09.30 pagi waktu setempat. (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Insiden Batman - Penembakan di Bioskop Tewaskan 14, Lukai 50

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*