Siap-siap ke Danau Toba, Lihat Pesta & Karnaval Budaya Indonesia

Medan – Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-71 Kementerian Pariwisata kembali menggelar karnaval. Tahun ini diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara.

“Karnaval ini merupakan karnaval budaya karena akan ditampilkan aneka budaya Indonesia,” ujar Ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi. Ia menambahkan, bakal ada dua panggung untuk mementaskan atraksi budaya di dua lokasi, yakni di Balige, Kabupaten Tobasa, dan Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu (20/8) dan Minggu (21/8). Pada hari Sabtu, bakal ada panggung apung di Parapat. Di panggung yang dibuat mengapung di Danau Toba ini, bakal ada atraksi budaya, di antaranya tarian empat etnis dan opera Batak.

Selain itu, chef Bara Pattiradjawane akan unjuk kebolehan bersama artis-artis Ibu Kota. Juga bakal ada food festival kuliner Nusantara. Yang tak kalah seru adalah penampilan para artis, di antaranya Sammy Simorangkir, JFlow, Oppie Andariesta, dan Edo Kondologit.

Acara akan dimulai pada pukul 14.00 WIB serta dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Panggung pentas akan ditutup dengan penampilan grup musik Slank.

Adapun panggung kedua, yakni di Lapangan Sisingamangaraja, Balige, pada hari Minggu, akan diisi oleh artis-artis lokal bersama Judika. Juga bakal ada karnaval budaya yang diikuti oleh peserta dari kabupaten di sekitar Danau Toba dan perwakilan 26 provinsi di Indonesia.

Baca Juga :  Eksekusi Rahudman Harahap belum jelas

Presiden Joko Widodo beserta istri dijadwalkan hadir dalam karnaval ini. Karnaval menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer.

Premita Fifi juga menyebutkan, karnaval ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan berkaitan dengan perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. “Karnaval ini merupakan karnaval budaya karena akan ditampilkan aneka budaya Indonesia,” ujar Fifi.

Adapun Jay Wijayanto, yang menjabat Koordinator Bidang Karnaval, menambahkan, bukan cuma karnaval budaya, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba juga merupakan karnaval pembangunan. “Mulai 17 Agustus malam lalu, dilakukan pengaspalan di jalan yang menjadi rute karnaval. Sehingga peserta nyaman mengikuti karnaval,” kata Jay. (aff/aff)

 

sumber: detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*