Siapa Eli Cohen, Pengirim Email Suap di Piala AFF?

Surat kaleng yang dialamatkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ditembuskan kepada Menteri Olahraga, Ketua KPK, Ketua DPR, serta Ketua KONI yang menyebutkan sejumlah dugaan adanya praktik jual beli pertandingan timnas Indonesia yang dilakukan pejabat teras PSSI kepada bandar judi kelas kakap di Malaysia mulai beredar luas di dunia maya.

1330297p Siapa Eli Cohen, Pengirim Email Suap di Piala AFF?
Agen Mossad, Eli Cohen, yang namanya dipakai oleh pengirim email tentang dugaan suap Piala AFF 2010 kepada Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Tidak hanya menuding oknum PSSI telah dengan tega membuat Indonesia kalah telak dari Malaysia 0-3, surat yang dikirimkan seseorang bernama Eli Cohen tersebut juga menuding sejumlah nama pejabat teras PSSI yang mendapatkan keuntungan dengan jumlah sangat besar dengan kekalahan Indonesia tersebut.

Siapa Eli Cohen sebetulnya? Mengapa penulis surat kaleng ini memilih Eli Cohen sebagai nama samarannya, apakah ini ada kaitanya dengan intelijen? Semua masih tanda tanya. Seperti diketahui, Eli Cohen yang lahir pada 26 Desember 1924 dan wafat pada 18 Mei 1965 adalah seorang agen rahasia Mossad, Israel, dan diangggap sebagai salah satu mata-mata paling sukses setelah Perang Dunia II.

Cohen lahir di Mesir dan ikut serta dalam setiap aktivitas pro Israel di Mesir selama tahun 1950-an. Ia direkrut Mossad pada tahun 1960 dan diberi identitas palsu sebagai orang Syria yang kembali pulang setelah lama hidup di Argentina. Untuk memperkuat penyamarannya ini, ia bahkan pindah ke Argentina pada tahun 1961.

Baca Juga :  KETA KU SIPIROK (bag-5): PERANG PERNYATAAN

Kesuksesan terbesar Cohen di dunia mata-mata adalah kedekatannya dengan pejabat politik dan militer Suriah. Ia bahkan dijadikan penasehat Menteri Pertahanan Suriah dan nyaris dipromosikan menjadi menteri.

Aksinya sebagai mata-mata ketahuan pada 1965 dan Cohen dijatuhi hukuman mati. Namun informasi yang diperolehnya selama menjadi mata-mata menjadi salah satu penentu kemenangan Israel dalam ‘Perang Enam Hari’ antara Israel dan Arab. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*