Siapakah Calon Pemilik Baru Liverpool?

Henry (Wikepedia)

Familiar dengan nama John W. Henry? Dialah calon pemilik baru Liverpool. Sama-sama seperti Tom Hicks dan George Gillet, berasal dari Amerika Serikat, namun lebih dekat dengan dunia olahraga.

Hicks dan Gillet sejatinya adalah pebisnis, kendati Hicks punya konsorsium olahraga bernama Hicks Sports Group. Maka, tak heran kepemimpinan keduanya pun banyak mengundang kritik dari fans. Hicks dan Gillet disebut menggunakan Liverpool untuk menggemukkan pundi-pundi uang mereka–mengingat The Reds menempati urutan keenam daftar klub paling bernilai di dunia, menurut firma keuangan Deloitte.

Pada masa krisis klub seperti saat ini Hicks dan Gillet pun sering jadi sasaran demonstrasi. Seruan untuk segera menjual klub terus berkumandang, seperti yang terjadi sebelum laga melawan Blackpool akhir pekan lalu. Banyak yang menganggap, Liverpool bisa bangkit kalau sudah terjadi pergantian kepemimpinan.

Dan datanglah hari di mana proses penjualan itu berlangsung. Melalui konsorsium bernama New England Sports Ventures (NESV), John W. Henry, telah mengajukan tawaran yang tak ditolak oleh kubu Liverpool. Pria 61 tahun itu pun segera menghiasi headline di media-media online Inggris Rabu (6/10/2010) ini.

Henry memiliki beberapa klub dari berbagai cabang olahraga. Setelah memiliki beberapa kub di liga minor baseball, ia dan partnernya di NESV, Tom Werner, membeli klub anggota MLB (Major League Baseball)  Boston Red Sox pada tahun 2002.

Baca Juga :  Ibra-Robinho Pertebal Kocek Milan

Dua tahun setelah diakuisisi oleh Henry, Red Sox memenangi World Series Title, gelar pertama mereka sejak 1918. Tiga tahun kemudian, pada 2007, mereka kembali meraih gelar yang sama.

Salah satu rahasia sukses Henry dalam memimpin Red Sox adalah karena dirinya tetap setia dengan nilai-nilai tradisi klub tersebut. Salah satu sikap yang bukan tak mungkin bisa dia ulangi di Liverpool.

Kisah sukses Henry juga terjadi di balapan Nascar, di mana ia menjadi co-owner dari sebuah tim bernama Roush Fenway Racing. Dua tahun setelah ia membelinya pada 2007, Roush memenangi titel Daytona 500 mereka yang pertama.

Pertanyaannya sekarang, apa yang bisa dilakukannya untuk Liverpool?

( roz / key )

Sumber: http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2010/10/06/190059/1457355/72/siapakah-calon-pemilik-baru-liverpool?b99110270

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*