Siapaun Dia Jaksa Agung Itu Hak Presiden, yang Penting Harus Mampu Lawan Korupsi

Oleh: Shohibul Anshor Siregar *)

“Dari mana asal kucing itu, dan apa warna kucing itu bukan persoalan serius, yang penting mau dan mampu menangkap tikus”.

Herdarman Supandji

Tidak ada pihak di Indonesia yang mampu menghalang-halangi pelaksanaan hak prerogatif Presiden SBY dalam menetukan penggangti Herdarman Supandji sebagai bagian dari kompromi politik dalam ranah political power sharing. Namun jika masyarakat menilai langkah itu lebih kental untuk kepentingan barter demi kelanggengan kekuasaan, resistensi besar akan muncul.

Pada dasarnya orang tidak begitu mempermasalahkan apakah Jaksa Agung harus berasal dari internal atau dari luar institusi itu, karena yang amat diharapkan hanyalah figur yang mampu mereformasi Kejaksaan itu sebagai institusi kenegaraan yang kuat, tidak menjadi kendala berat dalam penegakan hukum, dan memberi kontribusi besar untuk perang baru melawan korupsi.

“Dari mana asal kucing itu, dan apa warna kucing itu bukan persoalan serius, yang penting mau dan mampu menangkap tikus”.

Dalam proses reformasi di Indonesia lembaga Kejaksaan, bersama Kepolisian dan Peradilan (JAPOLHA=Kejaksaan, Kepolisian & Kehakiman) termasuk di antara 3 kendala yang sulit menyesuaikan diri dalam langkah besar Good Governance.  Itu sebabnya Indonesia tidak begitu memiliki catatan yang patut dibanggakan dalam soal penurunan angka korupsi dan perbaikan pemerintahan.

Salah satu fakta yang menunjukkan ialah semakin menguatnya KPK sebagai sebuah kebutuhan sekaligus harapan dalam bernegara di Indonesia. KPK itu adalah tamparan amat keras bagi Japolha, dan jika Japolha berperan efektif sesuai definisi formal lembaga-lembaga itu, eksistensi KPK tidak diperlukan sama sekali.

Baca Juga :  Saatnya Sumut Menggugat!

—————————————–

*)Penulis: dosen sosiologi politik FISIP UMSU, Koordinator Umum ‘nBASIS
sohibul Siapaun Dia Jaksa Agung Itu Hak Presiden, yang Penting Harus Mampu Lawan Korupsin’BASIS adalah sebuah Yayasan yang didirikan tahun 1999 oleh sejumlah akademisi dan praktisi dalam berbagai disiplin (ilmu dan keahlian). ‘nBASIS adalah singkatan dari Pengembangan Basis Sosial Inisiatif dan Swadaya dan memusatkan perhatiannya pada gerakan intelektual dengan strategi pemberdayaan masyarakat, pendidikan, perkuatan basis ekonomi dan kemandirian individu serta kelompok.

Blog: www.nbasis.wordpress.com

——————————————

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*