Sibolga-Tapteng Sepantasnya Punya Universitas

SIBOLGA- Dalam 3 tahun terakhir, lulusan SMA sederajat asal Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah sudah banyak yang diterima atau masuk di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Hal itu menandakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan SLTA dari Sibolga dan Tapteng sudah meningkat. Jadi sudah selayaknya jika di daerah Sibolga-Tapteng didirikan universitas.

“Untuk itu, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan untuk memajukan pembangunan Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, sudah selayaknya perguruan tinggi negeri didirikan oleh kedua kepala daerah yang masih bertetangga ini,” kata Rektor USU Medan, Prof Dr Syahril Pasaribu saat bertemu dengan kepala sekolah dan guru-guru di Aula SMA Negeri 1 Sibolga, Kamis (15/9).

Menurut Syahril, di kota Sibolga dan Tapteng cukup banyak berdiri SLTA sederajat yang tentunya jumlah siswanya mencapai ribuan siswa yang tamat setiap tahunnya. Hal ini juga salah satu indikator bahwa minat belajar warga Sibolga dan Tapteng cukup tinggi. “Minat belajar waga kota Sibolga dan Tapteng cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah setingkat SLTA yang berdiri. Namun sangat disayangkan hingga saat ini belum ada lembaga pendidikan setingkat peguruan tinggi negeri yang berdiri di kedua daerah ini. Sehingga tamatan SMA terpaksa harus melanjut ke PTN diluar daerah yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ujar Syahril.

Baca Juga :  Sepanjang 2010 Kekerasan terhadap Anak di Sumut Sangat Memprihatinkan

Selain itu, dengan adanya perguruan tinggi negeri di Sibolga dan Tapteng tentunya sangat membantu perekonomian warga. Sebab tamatan SLTA sederajat yang ada tidak lagi harus membebankan orang tuanya dengan biaya jika kuliah di luar Sibolga dan Tapteng. “Ini tentunya patut menjadi perhatian kepala daerah dan legislatif kedua daerah ini dan hal ini menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus dijawab. Sebab dengan berdirinya perguruan tinggi negeri di kedua daerah ini tentunya sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak, baik itu dari segi peningkatan pendidikan maupun peningkatan ekonomi masyarakat,” bebernya.

Dengan terpilihnya Syarfi Hutauruk sebagai Wali Kota Sibolga dan Bonaran Situmeang sebagai Bupati Tapteng, diharapkan mampu membawa perubahan bagi dua daerah yang bertetangga ini. Dalam tiga tahun ke depan diharapkan ada perubahan yang signifikan dilakukan dua kepala daerah yang kebetulan sama-sama berasal dari kecamatan Sorkam Tapteng ini.
“Sebab, jika perguruan tinggi negeri sudah ada berdiri, ke depan putra-putri dari kedua daerah ini tidak perlu lagi menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri (PTN) di kota Medan dan kota lainnya. Mereka cukup belajar di sini, kemudian guru-guru dan pegawai yang telah lulus S2 dan S3 bisa menjadi dosen di perguruan tinggi negeri tersebut nantinya,” imbuhnya.

Sementara Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan, bahwa anggaran untuk pendidikan di Kota Sibolga tahun 2011 ditampung di APBD sebesar 34,50 persen. “Selain itu penyaluran dana BOS di kota Sibolga juga berjalan dengan baik dan hingga kini penyaluran dan BOS tri wulan ke III sudah selesai dilaksanakan,” ujar Syarfi. Dikesempatan itu, Syarfi berharap adanya kerjasama antara Pemko Sibolga dengan Universitas Sumatera Utara terutama dibidang pendidikan jurusan kedokteran. (tob/syaf)

Baca Juga :  Drainase rusak, Medan bakal tenggelam

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Apakah Anda Toko Komputer?
    Pernah mendapat permintaan Alat -Alat Kantor?
    Dari Pelanggan Anda? Grosir Alat Kantor – KotakPensil.com

    KotakPensil.com adalah grosir Alat Kantor, seperti Mesin Penghancur Kertas, Mesin Jilid, Mesin Laminating, Mesin Absensi, Mesin Hitung Uang dan sebagainya.

    Kotakpensil telah menjual banyak Alat Kantor ke toko-toko Komputer di seluruh Indonesia.

    Lihat daftar harga dan spesifikasi produk, di www.KotakPensil.com, Sekarang!

    Sukses untuk Anda.

    Terima Kasih

    Rifda Zulfia
    Marketing

    KotakPensil.com
    #No.1 Official Office Equipment Webstore
    Melayani sejak 2009 – Murah, Lengkap, Bergaransi.

  2. Berinka.com | Toko komputer online pertama di Sibolga | Menjual Laptop – Tablet PC – Gadget – Aksesoris Komputer

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*