Sidang Bonis Ba’asyir – Hakim Ba’asyir: Kami Independen

%name Sidang Bonis Baasyir Hakim Baasyir: Kami Independen
Terdakwa, Abu Bakar Baasyir, menjalani sidang dengan agenda tanggapan jaksa atas eksepsi terdakwa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (7/3/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com — Herri Swantoro, salah satu hakim yang mengadili perkara terdakwa teroris Abu Bakar Ba’asyir, menyatakan bahwa majelis hakim independen dan tidak ada satu pun pihak yang memengaruhi putusan yang akan dibacakan.

“Majelis berdasar pada fakta persidangan dan keyakinan (dalam putusan),” kata Herri sebelum membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2011) pagi.

Pernyataan itu disampaikan Herri sebagai ketua majelis hakim ataupun sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pernyataan Herri itu langsung disambut hujatan ratusan pendukung Ba’asyir di halaman ataupun luar pengadilan. Mereka memenuhi halaman lantaran tidak tertampung di ruang sidang utama. Hanya sebagian kecil pendukung Ba’asyir yang dapat masuk ke ruang sidang.

Ratusan pendukung Amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) itu dijaga ketat oleh ribuan polisi. Mereka duduk di halaman pengadilan menghadap satu televisi layar lebar dan satu alat pengeras suara.

Ba’asyir akan divonis terkait dugaan keterlibatan dalam pelatihan militer kelompok teroris di Aceh. Ba’asyir dituntut hukuman penjara seumur hidup oleh jaksa sesuai dengan Pasal 14 jo Pasal 11 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Terorisme.

Menurut jaksa, Ba’asyir terbukti merencanakan pelatihan militer, menggerakkan para peserta, serta mengumpulkan dana hingga Rp 1 miliar untuk pelatihan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kapolres dan Istri Tak Boleh Lagi Pakai Ajudan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*