SIPIROK PUNYA CERITA; LUAT HARANGAN

Luat Harangan yang terdiri dari Desa Pargarutan, Siharbogoan, Panaungan, Gadu, Pangaribuan, Sialang, Liang, Appolu, Saba Tombak, dan Hasahatan di Kecamatan Sipirok merupakan daerah yang sangat tertinggal jauh dibandingkan daerah lain di Kabupaten Tapanuli Selatan. Sebagian besar mode transportasi masih menggunakan kuda disebabkan infrastruktur jalan yang sangat buruk, kondisi jalan sampai desa Gadu masih berbatu dan setelahnya adalah jalan tanah. Jika musim hujan tiba tidak ada lagi yang berani melewatinya karena jalan sudah penuh lumpur. Akibat dari kondisi yang demikian masyarakat semakin tersudut, hasil pertanian harganya anjlok karena sangat sulit untuk mengeluarkan hasil tani dari daerah tersebut, harga kebutuhan pokok melonjok tinggi. Begitu juga dengan fasilitas kesehatan yang sangat minim dan bisa dikatakan hampir tidak ada sehingga bila ada yang sakit akan terlambat mendapatkan pertolongan.

4812245694 9a523265b7 SIPIROK PUNYA CERITA; LUAT HARANGAN
Didampingi Ketua NNBS, Faisal Reza Pardede, Wakil Bupati Tapanuli Selatan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada seorang siswa

Begitu juga dengan dunia pendidikan, sarana dan prasarana sangat minim, bahkan tenaga pengajar enggan ditempatkan didaerah tersebut mengingat kondisi wilayah yang sulit dijangkau. Keadaan tersebut terpantau oleh Naposo Nauli Bulung Napa Napa ni Sibualbuali Sipirok (NNBS) saat mengadakan NNBS Country Road at Luat Harangan for anak – anak SD Pargarutan, Gadu, Panaungan, dan SD Liang pada Hari Jum’at yang lalu (16/7). Pada kesempatan itu hadir Wakil Bupati Tapanuli Selatan, H. Aldinz Rapolo Siregar yang turut mendampingi NNBS menyampaikan besar harapannya kepada anak – anak SD di Luat Harangan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi walaupun didaerah tersebut belum ada sekolah lanjutan. Saya mengharapkan pembangunan SLTP akan dilaksanakan secepat mungkin di wilayah ini, tentu untuk mewujudkan ini harus dengan dukungan semua komponen pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. Kedepan Aldinz berjanji akan mengusahakan perbaikan sarana transportasi kedaerah ini termasuk perbaikan jalan dan yang paling memungkinkan minimal akan memperbaiki rel jalan.

Baca Juga :  Masyarakat Muara Batang Toru Tolak Limbah Tambang Mas Agincourt
4812245690 33b6d4f5d4 SIPIROK PUNYA CERITA; LUAT HARANGAN
Wakil Bupati Tapanuli Selatan, H. Aldinz Rapolo Siregar photo bersama dengan rombongan NNBS ditengah perjalanan ke Luat Harangan

Kemudian acara dirangkai dengan memberikan bantuan berupa buku tulis, comic sains, bahan ajar desktop flip-chart, dan buku tulis Bank Sumut yang diserahkan H. Aldinz Rapolo Siregar secara simbolis kepada perwakilan siswa. Salah seorang perwakilan siswa mengucapkan terimakasih dan sangat senang dengan bantuan tersebut. Menindaklanjuti hal tersebut seorang guru juga juga menyanpaikan bahwa sekolah dan desa mereka baru kali ini dikunjungi oleh seorang pejabat daerah dan untuk itu mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya dan semoga bantuan ini bermamfaat bagi para murid.

Sekedar catatan sesuai dengan informasi yang diterima dari Kepala Desa Pargarutan menjelaskan jalan menuju desa mereka pertama sekali dibuka pada tahun 90an sewaktu alm. H. Raja Inal Siregar menjabat Gubernur Sumatera Utara. Sejak saat itu sampai sekarang belum ada perbaikan padahal waktu itu hanya pembukaan jalan.

Pengurus NNBS yang hadir terdiri dari Ketua NNBS Faisal Reza Pardede, Sekretaris Natasha Siregar, Dedy Wirsal Harahap, Rangga Harungguan Siagian, Yuni Yathari Siregar. Kedepan mudah – mudahan NNBS bias melaksanakan acara serupa untuk membantu adik – adik pelajar disana, buku comics sains yang diberikan kepada mereka tentu akan sangat membantu dalam belajar. Mudah –  mudahan ini semua bermamfaat bagi mereka dan menjadi generasi muda yang tangguh dikemudian hari. Keterbelakangan daerah tidak harus diikuti melainkan sebagai motivasi siswa bahwa mereka dengan segala keterbatasan tetap mampu.

Baca Juga :  Pemadaman Listrik Bergilir di Palas Hingga 23 Desember 2009

Sumber: Faisal Reza Pardede<ical_sipirok@yahoo.co.id>

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. terimah kasih yang sebesar besar nya kepada bapak rapolo siregar dan NNBS yang telah perduli terhadap kampung kami, semoga saya dapat bergabung dengan tim NNBS agar saya ikut andil dalam pembangunan luat harangan khusus nya desa saya tapus dolok sordang

  2. selamat untuk NNBS yang sukses dengan kegiatan tersebut. mudah2 ini bukan pertama dan yang terakhir. luat harangan memang perlu untuk diperhatiakan oleh PEMKAB TAPSEL, bukan berarti tidak ada daerah terpencil lagi selain itu. namun melihat kondisi geografis perlu diperhatikan. infrastruktur jaan, pendidikan dan kesehatan sangat diutamakan tuk daerah ini. tuk pasangan SARASI setelah dilantik, tolong luat harangan agar diperhatikan. NNBS salut, NNBS = DPRD TAPSEL non partai. hehehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*