SISI POSITIF KEGIATAN PULANG BERSAMA ANAK PERANTAU ANAK DESA MARANCAR (ANDESMAR)

Tahun-tahun Terakhir ini, kegiatan yang dibuat para perantau untuk menggugah kesadaran Anak yang merantau atau keturunan anak yang merantau untuk lebih peduli terhadap kampung halamannya atau untuk melihat kampung halamannya dalam jangka periode tertentu semakin sering dilakukukan baik perantau dari Sumatera maupun dari perantau-perantau dari daerah-daerah lainnya. Tidak terkecuali perantau salah satu daerah di Tapanuli Selatan dari berbagai asal perantau sering melakukan hal-hal ini baik dalam kelompok yang kecil maupun kelompok yang paling besar. Dan hal itupulah yang terjadi di salah satu Desa di kecamatan Marancar bagian Timur dengan berbagai anak perantau dari beberapa Desa sering melakukan kegiatan-kegiatan ini dalam rangka mempererat hubungan baik antara perantau yang berbeda tempat maupun antara anak perantau/keturunan perantau dengan penduduk desa yang tidak merantau atau meninggalkan tanah kelahirannya.

Untuk kegiatan semacam ini yang dipusatkan kegiatannya di Desa Haunatas, kec. Marancar, Tapanuli Selatan, SUMUT sudah pernah melakukannya beberapa kali dengan bersama-sama dengan desa-desa lainnya yang ada di sekitar Kec. Marancar bagian Timur. Dengan mengorganisasikan para perantau di berbagai daerah yang ada di Indonesia ini, serta kendala-kendala komunikasi panitia dalam mengorganisasi ini tidaklah mudah dilakukan apalagi dengan keterbatasan-keterbatasan Sarana Komunikasi, Dana dan keterbatasan hal lainnya. Namun dengan kebersamaan dilakukan kegiatan ini dalam 3 kali terakhir yang dilaksanakan sekalin dalam 5 tahun, maka pelaksanaan kegiatan ini dari tahun ke tahun semakin meningkat dan semakin bagus. Tahun 1999/2000 menjadi Tahun awal kegiatan ini cukup berhasil dengan kapasitas kemampuan yang terbatas saat itu, tahun kedua juga sukses dan semakin baik dilaksanakan, dan kegiatan tahun ke 3 di thn 2009/2010 juga demikian. Para Pemuda yang bersatu saling membahu melaksanakan dari satu daerah dengan perantau di daerah lainnya untuk saling berkoordinasi dalam mempersiapkan pelaksanaannya. Sifat gotong royong yang masih melekat di masing-masing perantau ternyata sangat ampuh untuk melewati kendala-kendala yang dihadapi dalam mengkoordinir, berkomunikasi dan keterbatasan dana dari panitia yang hampir tahun ke tahun salah satu kegiatannya adalah makan bersama dengan para penduduk kampung ala Pesta Gotilon yang dilaksanakan sekali setahun di Daerah ini.

Baca Juga :  Sebagai sekolah tertua, SMAN 1 Sipirok terus berbenah & tingkatkan kualitas

Apa tujuan Utama dari kegiatan ini?, pertanyaan yang biasa akan muncul pertama-tama begitu hendak mengetahui apa itu PULBERTA (pulang bersama anak Perantau) khususnya untuk Anak Desa Marancar (Andesmar). Adapun tujuannya kegiatan adalah tidak lain hanya memperarat hubungan sesama perantau, memperat hubungan anak perantau dengan anak penduduk yang tiak merantau, meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan Desa dan tidak melupakan asal usul para perantau serta membantu meningkatkan kesadaran-kesadaran masyarakat terhadap Perkembangan-perkembangan saat ini baik dari segi Ekonomi, sosial dan Budaya dan juga tujuan hal-hal meningkatkan kebersamaan, Peduli Kampung serta hal lainnya.

Kegiatan ini murni bukan suatu kegiatan Politik dan tidak mempunyai tujuan politik dan nuansa untuk kepentingan golongan apalagi pribadi, Pulberta yang dilaksanakan oleh Andesmar di Haunatas dan Desa sekitarnya ini murni adalah bentuk kepedulian dan keinginan bersama-sama dari para perantau karena kecintaannya terhadap kampung halamannya. Banyak hal-hal positif dari kegiatan ini serta kenangan-kenangan manis bagi yang melakukanya dan merasakannya, walaupun ditengah persiapan-persiapan kegiatan ini banyak hal kendala baik dari segi pribadi perantau itu sendiri maupun para orang tua/keluarga yang pulang bersama ingin merayakannya. Bisa dibayangkan kalau misalkan satu keluarga dengan 3 anak yang merantau hendak mengikutinya, misalkan di Pulau batam, maka ongkos dan daya yang dibutuhkan keluarga ini untuk mengumpulkan uang agar bisa melakukan kegiatan ini memerlukan perencanaan yang panjang bagi setiap yang akan mengikutinya. Sehingga atas dasar itulah kegiatan yang dilakukan Anak-anak Desa Marancar bagian Timur ini biasanya dipersiapkan memakan waktu satu setengah tahun  lebih, bahkan bisa 2 tahun dipersiapkan. Para Panitia yang melaksanakan sangat sabar dari minggu ke minggu, bulan ke bulan mempersiapkannya disamping keterbatasan-keterbatasan hal-hal diatas, belum lagi kendala dalam pekerjaan yang dihadapi oleh panitia ini, merupakan sesuatu yang harus dihargai dan didukung oleh para masyarakat perantau lainnya agar jangan sampai hanya gara-gara mempersiapkan kegiatan bisa berakibat merugikan secara pribadi misalkan terganggu ke tempat pekerjaannya.

Baca Juga :  Dana Pembangunan Kota Padangsidimpuan Hanya Rp. 4 M

Untuk Pulberta Des 2014/Jan 2015 ini, para Perantau dari Marancar khsusunya anak-anak Desa Haunatas dan Desa Sekitarnya sudah mulai membicarakan apakah kegiatan ini akan terlaksana nanti sesuai dengan komitment 5 tahun yang lalu? Beberapa perantau sudah mulai membicarakan hal ini baik dikumpulan-kumpulan kecil maupun sifatnya kumpulan-kumpulan keluarga. Dan awal pembicaraan-pembicaraan itulah menjadi Selalu Modal awal suksesnya kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan secara rutin dalam sekali dalam lima tahun.

Bagi yang mengaku dirinya ANDESMAR (Anak Desa Kec. Marancar) khususnya dari Marancar Timur, sangat diharapkan agar berita rencana PULBERTA DES 2014/JAN 2015 ini mulai disebarluaskan ke teman-teman perantau yang ada diberbagai tempat dan wilayah termasuk di wilayah Padangsidimpuan dan sekitarnya. Mari Peduli kita lihat kampung kita di Des 2014 melalui pulang bersama-sama para perantau dan keturunan perantau yang ada Diperantauan diberbagai wilayah dan daerah yang berbeda-beda.. Horas.. (fs).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH AGUS yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH AGUS dan dengan senang hati MBAH AGUS mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi MBAH AGUS semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH AGUS DI =085399278797= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*