Situs Al-Qaidah Dibobol, Cara Bikin Bom Diganti Resep Kue

TEMPO Interaktif, London – Bisa dibayangkan betapa geramnya pimpinan jaringan Al-Qaidah yang kini dipimpin oleh Saif al-Adil. Situs majalah online berbahasa Inggris mereka, Inspire dibobol oleh dinas rahasia Inggris MI6.

Kejadian ini berlangsung Juni tahun lalu saat majalah itu terbit pertama kali. Majalah berwarna setebal 67 halaman itu diyakini dibuat oleh pemimpin Al-Qaidah di Yaman, Anwar al-Awlaki.

Majalah terbitan perdana itu sejatinya muncul dengan laporan utama berjudul “Membuat Sebuah Bom di Dapur Ibu Anda.” Isinya soal cara merakit bahan peledak dengan bahan baku gula, pentul korek api, lampu pijar kecil, dan dilengkapi penunjuk waktu. Insipre juga melansir artikel yang ditulis oleh mendiang Usamah Bin Ladin dan wakilnya Ayman al-Zawahiri, serta sebuah tulisan berjudul “Apa yang Diharapkan dari Berjihad”.

Semua itu hilang, diganti oleh kode-kode komputasi yang jika diklik mengarah pada laman web berisi resep-resep kue mangkok terbaik di Amerika Serikat. Web itu dilansir oleh tayangan bincang-bincang Ellen Degeneres, termasuk resep kue mangkok Mujito dan Rocky Road.

Meski begitu, dua pekan kemudian Al-Qaidah tetap bisa merilis edisi terbarunya, bahkan hingga empat terbitan. Seorang sumber mengungkapkan MI6 terus membobol versi online dari majalah itu karena dianggap sebagai alat prpoganda yang kuat untuk merekrut anggota baru.

Kepada surat kabar Washington Post, Kepala Komando Cyber Amerika, Jenderal Keith Alexander menudukung tindakan badan intelijen Inggris itu.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Jangan Khawatir, Akses Data di Jalur Mudik Aman!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*