Situs Mikroblogging China Sensor Kata ‘Mesir’

China ternyata memblokir pencarian yang menggunakan keyword ‘Mesir’ di Internet. Hampir seluruh situs yang ada di negara ‘Great Firewall’ itu tidak memberikan respon atas pencarian kata ‘Mesir’.

Dilansir melalui TerraNet, Minggu (30/1/2011), kata ‘Mesir’ pun tidak bisa diakses di situs-situs mikroblogging China. Pemerintah negara dengan dominasi partai komunis itu cukup waspada terhadap isu-isu reformasi politik, tuntutan untuk demokrasi, dan gangguan ketertiban umum, lokal maupun luar negeri.

Situs mikroblogging China, yang setara dengan Twitter, seperti sina.com dan sohu.com, juga memblokir hasil pencarian dengan kata ‘Mesir’ bahkan saat hasil pencarian itu tidak terbuka, terdapat notifikasi “Menurut hukum yang berlaku, hasil pencarian anda tidak dapat kami proses”.

Namun begitu, media resmi China, termasuk kantor berita Xinhua dan CCTV, menyebutkan bahwa protes di Mesir melawan rezim Presiden Husni Mubarak ini termasuk kategori yang mematikan.

Dalam beberapa hari belakangan, ribuan demonstran tumpah ruah di jalan-jalan di Kairo untuk menuntut mundurnya Presiden Husni Mubarak yang telah memimpin selama 30 tahun lamanya.

Seiring dengan aksi protes tersebut, pemerintah Mesir memutus jaringan komunikasi baik telepon maupun internet. Bahkan pemerintah juga mengancam akan menghentikan tayangan Al Jazeera. (okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Permak YouTube, Google Kucurkan USD 100 Juta

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*