SMAN 1 Angkola Selatan Diterjang Longsor

SIDIMPUAN-Satu unit ruang kelas SMAN 1 Angkola Selatan, di Kelurahan Napa, Angkola Selatan, Tapsel, Kamis (1/12) dini hari jebol dihantam longsoran tanah.

Penjaga sekolah, Khairunnas kepada wartawan, Kamis (1/12) di SMAN 1 Angkola Selatan, mengatakan dirinya mengetahui kejadian itu saat mendengar suara hempasan sangat keras diiringi seperti suara gemuruh, sekira pukul 03.00 WIB.
1515625903380c8e7fbf7cff55af9b9f22704ebe SMAN 1 Angkola Selatan Diterjang Longsor

Ketua Komisi IV DPRD Paruhum Siregar dan anggota Darwis Sitompul meninjau langsung ruang kelas SMAN 1 Angkola Selatan yang jebol dihantam longsor, Kamis (1/12).

Kemudian Khairunnas bangun dan melihat tumpukan tanah, pohon-pohon kecil dan ranting sudah menutupi dan menghantam salah satu ruang kelas atau tepatnya ruang kelas XII IPA2. Sementara letak rumah sekaligus kantin sekolah tersebut tepat berada di samping ruang kelas yang dihantam longsor.

“Pagi itu saya mendengar ada suara gemuruh di belakang rumah. Waktu saya lihat, satu ruang kelas sudah ditutupi tumpukan tanah dan waktu saya lihat ke dalam dindingnya jebol,” ceritanya.

Selain menjebol dinding sepanjang sekitar enam meter, longsoran tanah juga membuat jendela kaca pecah, kusen kayu jendela patah dan rusak berat.

Pembantu Kepala Sekolah (PKS) Devi Anggraini Rangkuty mengeluhkan kondisi gedung sekolah mereka, karena tepat di atas bangunan adalah pebukitan tanaman karet. Sehingga jika musim hujan dikhawatirkan akan terjadi longsor.
“Setiap musim penghujan, kami dewan guru selalu was-was mengajar bila kondisi perbukitan tidak didek pakai beton oleh pemerintah. Apalagi murid-murid kami juga merasa khawatir dan tidak konsentrasi belajar, karena sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan jiwa kami di sini,” ucapnya.

Baca Juga :  Potensi Panas Bumi Sibualbuali - Sumber Energi yang Siap Produksi

“Karena ruang belajar sedang rusak, dan agar proses belajar mengajar (PBM) tidak terganggu, maka 37 siswa untuk sementara belajar di ruang laboratorium, hingga ruang kelas itu diperbaiki. Kejadian ini sudah kita laporkan ke Disdik,” lanjutnya.

Komisi IV DPRD Tapsel yang mengetahui dinding SMAN 1 Angkola Selatan jebol diterjang longsor, langsung turun ke lokasi. DPRD berharap Disdik Tapsel segera melakukan penanganan, agar ruang kelas bisa diperbaiki dan PBM kembali berlangsung.

“Kita minta Disdik Tapsel segera melakukan penanganan memperbaiki dinding yang jebol dan mengantisipasi agar kejadian yang sama tidak terulang lagi. Sebab ini membahayakan nyawa siswa dan para pengajar,” kata Ketua Komisi IV Paruhum Siregar dan anggota Darwis Sitompul serta lainnya. (phn)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. sedih kali dah bangunan sekolah kami yang tercinta ditimpa longsor
    sejak saya sekolah hingga saya tamat tahun 2011
    memang lokasi sekolah kami berada diperbukitan yang sesekali apabila hujan dapat mengancam wija dan keselamatan kami
    semoga pemerintah dapat bertindak akan kejadian ini dan kembali membangun bangunan
    sekolah kami
    dan buat adek-adek kk semoga tabah dan juga buat guru-guru nya
    cayo ANGSEL
    love you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*