SMKN 1 Padangsidimpuan Rakit 513 Proyektor

Kepala SMKN 1 Psp, Afifuddin (safari hijau) mengawasi tim perakit 513 proyektor yang dipandu instruktur dari PT Zyrex dan Kemendikas, Kamis (18/11).

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Padangsidimpuan (Psp) dipercaya PT Zyrex Jakarta untuk merakit 513 proyektor atau biasa dikenal infocus untuk Provinsi Sumatera Utara. Dan masa kerja perakitan hingga minggu kedua Desember mendatang.

Kepala SMKN 1 Psp, Drs Afifuddin Lubis MAP, kepada METRO, Jumat (19/11), mengatakan, hasil rakitan proyektor yang sudah dimulai Kamis (18/11) lalu, akan disalurkan ke SMK-SMK di Sumatera Utara (Sumut).

“Proyektor tersebut untuk meningkatkan pembelajaran SMK berdasarkan Penetapan Direktur Pembinaan SMK Kemendiknas, Jakarta,” sebut Afifuddin. Afifuddin menambahkan, penetapan sekolah yang dipimpinnya untuk merakit 513 proyektor tersebut diperkirakan atas dasar SMKN 1 Psp sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan memiliki program keahlian Teknik Komputer plus jaringan yang telah berhasil merakit komputer dan laptop dalam kurun 2 tahun terakhir, meski belum memiliki lisensi untuk memperjual-belikannya di pasaran bebas.

Selain itu, sambung Afifuddin, sekolah yang memiliki 1.539 siswa dan tersebar di 4 jurusan, yaitu 468 siswa jurusan Akuntansi, 453 siswa jurusan Adminsitrasi Perkantoran, 281 siswa di Jurusan Pemasaran, dan 296 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, juga telah diakui oleh Badan Sertifikasi Internasional terhadap sistem manajemennya yang dituangkan dalam Sertifikat ISO 9001:2008.

“Sesuai Keputusan Kemendiknas Dirjen Dasar dan Menengah Nomor 2489/C5.3/MN/2010 tertanggal 18 Oktober, ada 5 sekolah di Sumut yang dihunjuk merakit proyektor tahun ini, yaitu SMKN 1 Tebing Tinggi, SMKN 2 Dolok Sanggul, SMK Telkom Sandy Putra Medan, SMKN 2 Kisaran, dan SMKN 1 Psp,” ujar Afifuddin.

Baca Juga :  1 warga tertembak, Brimob Tapsel dikecam arogan

D ibawah instruktur dari PT Zyrex, lanjut Afifuddin, 10 orang dari SMKN 1 Psp yang terlibat dalam tim perakitan 513 proyektor tersebut, 6 guru, yakni Delfri Nazaris MPd, Alimansyah Aprianto AMd, Sudirman SPd, Dani Hidayat SPd, Abdul Asri Pulungan SPd dan M Abduh SAg, sementara 4 lagi merupakan siswa kelas 3 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Anggian Putra, Anas Nikmat Harahap, Zulfan Efendi Gultom dan Zulkardi Sani.

Empat siswa Jurusan Komputer dan Jaringan dari 296 siswa/siswi yang ada yang dihunjuk dalam tim perakitan, karena memiliki predikat terbaik di bidangnya dan diharapkan nantinya bisa mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang didapatkan ke teman-temannya di jurusan yang sama.

Afifuddin menambahkan, peningkatan mutu jurusan SMKN 1 Psp terkhusus program Teknik Komputer dan Jaringan semaksimal mungkin. Apalagi, tahun ini di beberapa waktu lalu, hasil studi banding yang diikutinya ke beberapa negara seperti, Cina, Hongkong, Korea Selatan, Singapura dan Malaysia banyak didapatkan pengalaman bagaimana mengelola pembelajaran yang menyenangkan dan berbagai pengalaman lainnya.

“Demi peningkatan mutu SMKN 1 Psp, kita sedang membangun kerja sama dengan PT Zyrex dan perusahaan lainnya untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan menyeluruh perakitan komputer dan laptop serta mesin bisnis lainnya. Dalam suatu rencana strategis, paling lambat 2012 diharapkan SMKN 1 Psp telah memiliki suatu lisensi terhadap perakitan, penjualan alat-alat komputer, proyektor untuk wilayah Barat Sumut ini. Rencana ini tidak berat bila didukung semua pihak terutama Pemko Psp dan DPRD,” ungkap Kasek yang menerima penghargaan sebagai assesor terbaik tingkat nasional bidang penilaian SMK yang diterima di Semarang 14 Nopember lalu.

Baca Juga :  Kerusuhan di Suka Makmur Madina - Polres Madina Buru Aktor Utama

Afifuddin berharap, SMKN1 Psp yang telah memberikan sumbangsihnya untuk mengangkat nama baik Kota Psp bisa diikuti sekolah lainnya, sehingga visi-misi Kota Psp sebagai Kota Pendidikan bisa tercapai.

SMKN 1 Psp yang telah meraih sertifikat ISO 9001:2008, sebagai RSBI, juara 1 se-Sumut sekolah berwawasan lingkungan, juara 1 lomba tangkas Koperasi se-Sumut, sekolah perakit, juara debat bahasa Inggris se-Sumut, dan telah menjalin kerja sama dengan berbagai usaha dan industri termasuk Posindo sebagai biro jasa pembayaran rekening listrik, telepon, dan lainnya secara online.

“Itu kita lakukan di sekolah ini. Kemungkinan, setelah perakitan 513 proyektor ini selesai, tahun 2011 mendatang, SMKN 1 Psp berpeluang sebagai tempat untuk merakit laptop. Mudah-mudahan terealisasi,” pungkasnya. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*