SMPN 1 Sipirok Minim Fasilitas Olahraga

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sipirok, di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) minim fasilitas olahraga, seperti lapangan sepakbola dan basket. Selain itu, SMP ini juga memiliki ruangan kelas yang berjarak sekitar 150 meter antara ruangan yang satu dengan lain.

Kepala SMPN 1 Sipirok, Drs Bakir Harahap, kepada METRO, belum lama ini, mengatakan sejak sekolah yang dipimpinnya berdiri sekitar tahun 50-an memang sudah terbagi dua, dan tetap satu nama, yakni SMPN 1 Sipirok

“Luas areal SMPN 1 ini adalah 6.050 meter persegi dan 35 persen. Sebagian berada di kelas bawah, di sana ada 6 ruang belajar, dan ada pula ruang kantor. Jadi, sekolah ini ada dua kantor, dan memang agak sulit mengontrolnya,” sebutnya.

Sekolah ini, sambungnya, memiliki 760 siswa dengan 20 ruang kelas, 6 ruangan berada di Jalan Pasanggarahan, 14 ruang belajar lainnya berada di Jalan Simangambat atau di sekitar Mapolsek Sipirok, selain sulitnya pengontrolan, kesulitan yang paling tampak adalah ketika pelaksanaan upacara bendera setiap Senin.

“Lapangan upacara yang berukuran sekitar 50x 6 meter di Jalan Simangambat tidak mampu menampung seluruh peserta, dan akhirnya berdesakan. Bahkan ketika upacara bubar para siswa dan guru harus berjalan menuju kelas yang jauh. Hal ini mengundang bahaya, karena mereka harus melintas di jalan umum, belum lagi memakan waktu belajar,” terangnya.

Baca Juga :  AEK TAMPANG PADANGSIDIMPUAN MERDEKA ...!

Bakir menambahkan, akibat keterbatasan lokasi sekolah, pengembangan bakat-bakat olahraga bagi anak didiknya pun jadi terkendala. “Untuk olahraga mereka harus menuju lapangan merah (sekitar 100 meter dari lingkungan sekolah, red), dan banyak waktu terbuang, akhirnya anak-anak jarang mengikutinya,” tuturnya. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*