Soal Kerusakan Jalan dari Jembatan Siborang hingga Padangmatinggi = Berstatus Jalan Nasional, Pemko Tak Berhak Memperbaiki

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangsidimpuan (Psp) menegaskan sepanjang jalan mulai dari Jembatan Siborang, Kelurahan Kantin, Kecamatan Psp Utara, hingga Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Psp Selatan, adalah jalan nasional.

“Jalan itu sampai sekarang masih jalan nasional bukan jalan kota meskipun posisinya ada di dalam kota. Jadi, kita tidak berhak untuk membangun atau merehabnya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas PU Psp, Rahim Nasution, kepada METRO, Selasa (30/11).

Rahim menambahkan, karena jalan nasional maka pembangunan dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara (Provsu). “Pembangunan atau rehabnya menjadi tanggung jawab Dinas Bina Marga Provsu,” sebutnya.

Diakuinya, sepanjang jalan itu mulai dari jembatan Siborang sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga ke Padangmatinggi banyak jalan yang rusak dan berlubang di tengah jalan dan membahayakan pengendara, khususnya sepedamotor, hanya saja karena tidak ada kewenangan maka pihaknya tidak membangun ruas jalan itu.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi II, H Khoiruddin Nasution, kepada METRO, Selasa (30/11), menjelaskan, apa yang disampaikan oleh Dinas PU itu sebenarnya bukanlah alasan yang tepat. Sebab, jika melihat dari sisi prioritas maka jalan tersebut sudah selayaknya untuk direhab karena banyaknya lubang di ruas jalan tersebut.

“Kan bisa koordinasi dengan Dinas Bina Marga Provsu. Lagipula sudah begitu lamanya Psp menjadi kota, kenapa pula jalan di dalam kota masih masuk ke jalan nasional, kan bisa diusulkan ke provinsi agar statusnya diubah sehingga perbaikannya menjadi tanggung jawab Pemko Psp dan tidak harus menunggu provinsi,” katanya.

Baca Juga :  Perlu Adanya Gerakan People Power, Jika UU No 37 dan 38 Tahun 2007 tetap diabaikan Bupati Tapanuli Selatan

Khoir demikian sapaan akrabnya menambahkan, pada penyusunan P-APBD Psp tahun 2010 ini untuk anggaran untuk pemeliharaan jalan di Kota Psp dianggarkan sebesar sekitar Rp400 juta. “Dengan dana yang cukup banyak itu seharusnya Dinas PU bisa melaksanakannya,” sebutnya.

Untuk itu dirinya meminta kepada Dinas PU untuk segera memperbaiki ruas jalan tersebut dan mengkoordinasikannya dengan Dinas Bina Marga Provsu. “Kita minta secepatnya diperbaiki ruas jalan dari jembatan Siborang sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga Padangmatinggi,” ujarnya. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*